Okeylah gan Setahu ane banyak faktornya gan 1. Terkait kapalnya sendiri. Jenis jangkarnya, berapa shacke rantai yg di area, kecepatan kapal waktu larat, panjang kapal, dwt kapal 2. Faktor luarnya Jenis permukaan dasar lautnya, density air, kecepatan arus, kecepatan angin, arah angin dan arah arus.
Yang jadi pertanyaan ane buat agan. Mengapa jamgkarnya harus di sangkutin di pipa Klo ada pipa kapal mah gak berani berlabuh jangkar di area itu Apa agan gak ingat seluruh madura gelap gulita gara gara nyangkut kabel bawah laut Pa lagi klo pipa bisa pencemaran dong gan Gini gan, siapapun tidak ada
referensi buat ngitung? Hukum Newton. sisanya ente cari, tali macem apa yg dipake jangkar, bahan pipa, bentuk jangkar, bahan jangkar. biar ente tau tahanannya. tambah ente cari kapal seberat apa, mesin sekuat apa. wah repot masi banyak. cari di google scholar, ga nemu? cari di google biasa. sebelum
Kemungkinan ke 2, kapal tidak bisa bergerak karena jangkarnya nyangkut.. Sehingga mesin penarik jangkarnya tidak mampu menarik jangkar iya benar, referensi untuk menghitung gaya tarik kapal itu yang sedang saya cari
sdikit oot ya jangkar nyangkut d pipa ya ada kmunkinan tu pipa pecah atau patah kan pipa akan tertarik dulu sampai di satu titik pipa tidak bisa tertarik lagi baru kapal akan berhenti atau pipa akan patah akibat tarikan kapal tersebut