Setahu saya tadi siang dalam penyergapan pesawat sukhoi kita dilengkapi rudal R73. Meskipun penerbang singapura ngotot bilang terbang diatas international waters tapi mereka tidak berdaya menghadapi dua flankers yg perkasa ini. ATC singapura nampaknya tidak tahu bicara apa saat pesawat yg dalam p...
Cukup menarik membaca pertanyaan tentang kenapa lama verifikasinya dan baru disergap diselatan Manado, Saat pesawat asing berangkat dari Darwin dan pada jarak 150 km dari Kupang sudah ketangkap radar Pertahanan Udara kita di Buraen NTT, namun saat itu masih dibiarkan karena meskipun sudah dalam w...
Soal komunikasi semua stay di frekwensi radio UHF dan VHF yang sama. Untuk VHF digunakan berkomunikasi dng Halim Tower dan Jakarta Approach. Sedangkan radio UHF untuk komunikasi dng sesama flight member dan dengan VCP di Halim dan Istana. Kohanudnas / Kosekhanudnas I Halim juga monitor frekwensi...
Saya dengar2 MLU untuk pesawat A/B kita akan dapat radar APG-68 (V)9 dan AIFF versi 125 yg lebih advanced dari versi 113 Thailand. Asal tahu saja kemampuan APG-68 pesawat F-16 52 ID kita lebih baik daripada APG-66 (V)2 milik MLU. Tentunya semua radar baik pesawat ID dan MLU akan di upgrade menja...
MLU untuk pesawat A/B kita akan dapat radar APG-68 (V)9 dan AIFF 125 yg lebih advanced dari Thailand. Asal tahu saja kemampuan APG-68 pesawat F-16 52 ID kita lebih kuat daripada APG-66 (V)2 milik MLU. Sekali lagi dibandingkan dng MLU Eropa, jordania, pakistan, dll maka sebagian besar hardware da...
Sebenarnya batch pertama bima sena ini, 24 pesawat ato 30 pesawat sih... Soalnya kemaren2 katanya 24 + 6 buat sparepart... Bukan apa2 sayang aja 6 pesawat itu dijadikan sparepart di tengah2 kita kurang kuantitas burung penjaga langit... Kemapa ga di upgred aja bareng 10 yg lama ya... Yang dibilang
Setiap era ada pilihannya. Setiap pilihan ada orangnya. Apapun pilihan kita saat ini yang jelas kedatangan pesawat F-16 ID sudah membuat loncatan yg signifikan bagi kita. Pertama kita sdh tidak minder dan berlagak tindakan pembelian alutsista akan menakutkan bagi tetangga, untuk F-16 kita beli d...
dari dulu mah gua gak terlalu minat sama KFX :o malah buat gua pribadi lebih baik ngejar jumlah dulu secara kuantitas dengan so-so fighter tapi well armed, well equipped, well trained crew and ground units dan punya support electronic attack dan ISR yang bagus. JF-17 atau F-16 second hand C/D dari
Maunya apa mas. Tinggal bilang sama pemerintah baru, Su-35, Grippen, Rafale atau F-15 ID Stealth Eagle. Ini beneran. Yg belanja kan pemerintah pakai uang kita semua. Subsidi BBM dikurangi dan disisihkan 30 trilyun dapat berapa pesawat ya? Jangan kontan tapi dicicil 5 tahun, tiap tahun bayar 6 tr...
Saya belum tahu rencana alokasi F-16 C dan D nya. Yg jelas kita akan dapat 19 C dan 5 D. 16 pedawat akan ditempatkan di Skadron Udara 16 Lanud Rusmin Nuryadin Pekan Baru yg baru dibentuk dan akan diresmikan dalam waktu dekat. Saat ini pilot kita sudah berlatih terbang dng supervisi pilot AS di Lanu
kunci awalnya ya mobile defensif capability...cuma AL kita malah mbuletnya minta ampun, pantesan sales bremen klo ngomongin AL pedes banget :ngacir: bentar lagi orgnya nongol.... cuma sekali lg ini cuma jangka penddek, F 16 ID ini mau ga mau dibilang stop gap... umur airframe ga bisa boon
Jawabannya tergantung pada senjata yang digunakan kita, artinya kalau rudal lama yg rear aspect jelas terganggu oleh matahari, Namun disisi lain seperti yang saya sebutkan sebelumnya mata atau seeker rudar Infra merah rudal "All Aspect" hanya melihat panjang gelombang radiasi pada suhu...
Original Posted By JCman Ketika kita nimpuk lawan pake BVRAAM, lawan pasti tau posisi kita (even pespur yang dipake udah punya kemampuan stealth sekalipun). Makanya saat menembak dengan BVRAAM radar pesawat kita sebaiknya tidak track (lock on lawan) tapi gunakan data dari sensor lain (IRST + Lase...
gimana nih, ternyata kata dubes AS F-16 kita designasi resminya Bukan 52ID tapi block 25 ID..ampe dikoreksi di media massa, karena perbedaan ini sangat penting :bingung Terimakasih atas perhatiannya. Saya juga bingung dengan Surat Pembaca tersebut. Nama F-16 C/D 52ID sesungguhnya sudah resmi dig...
Tentang Block 42 juga sama dengan Block 25dan 32, mesin dan air frame sama, radarnya juga sama, kecuali yang sudah menjalani program CCIP. untuk Block 42 punya Head Up Display khusus Missi Serang Malam dan landing gear yang sedikit lebih kuat, panjang dan besar seperti block 52, karena membawa be...
Block 25 USAF dan 32 USAF pesawatnya sama saja baik air frame, radar dan engine, software mission computer malah sudah disamakan dengan program CUPID Block 25, ada beberapa hal kecil seperti chafe/flares dispenser block 32 ada 4 dibandingkan hanya dua pada block 25, Beda kemampuan dengan block 3...
Nggk ada yang komen postingan pak sharky ttg provision 10 more block 25 f16? Sepertinya hal ini yang kemungkinan besar terealisasi setelah pengadaan 24 f16 id. Pertanyaan saya pak, bagaimana tanggapan pemerintah ttg penawaran ini? Apakah menunggu sikap pemerintahan selanjutnya? Menurut saya jumlahn
Baik pak, saya setuju dengan argumentasi anda, Kita ikuti klasifikasi Wiki saja. Saya juga pernah menulis di Angkasa ttg klasifikasi pesawat fighter Gen 1-6 yg isinya tidak berbeda dengan definisi di Wiki. Jadi saya ikut anda utk masukkan Su-35 ke Gen 4++ dan untuk Rafale , Grippen AESA, Typhoon...
Nope...... istilah gen 4++ itu melekat pd su35s sedangkan gen 4.5 melekat pd gripen E(NG), rafale Aesa, typhoon trance 3, block 60. Bs d cek d brosur sales atw plng gmpng d wiki.... Kalau soal itu memang kita nggak usah berdebat,memang itu istilah saya sendiri karena terpaku pada istilah gen 4.
Bdany gen 4++ dngn gen 4.5 d mn y ? :) Itu rafale msuk list lg y, gantian am typhoon :D gen 4++ adalah istilah saya untuk pesawat yang sudah operasional saat ini seperti Typhoon, Rafale, Gripen, F-16 IN dan Su-35, dengan kemampuan minimal setara atau mendekati kemampuan pesawat 4.5 masa depan kit