ga pake reference gpp asal udah tau bener ledakan yg bener itu seperti apa , soalnya dulu waktu ane coba apply ke method studio , head vfx dsana saranin ane utk buat effects pake video reference gt hehehe, iya emang klo main fluid spec komputer harus agak tinggi , RAM dan Graphic Card soalnya be...
ane juga user maya, mau coba houdini nanti. sekarang udah belajar fluid effect sampai tingkat ledakan mobil, particle effect sampai simulasi air :D ane lebih fokus ke dynamics dan animation. modeling, rigging, texturing dan rendering masih tahap awal menengah oh lagi belajar yah gan , klo mau be
kalau ane nggak menjurus ke vfx, lebih ke cgi, tapi ikut juga belajar tentang vfx. Di software cgi 3d ada bab khusus fluid effect dan particle effect, jadi selain buat model 3d, belajar juga simulasi efek ohh lg belajar fluid sama particle gan? kebetulan bgt itu salah satu kerjaan ane gan , ane n
NUKE emang terkenal gan, sebagai node-based compositor yang powerfull, rata" studio cgi dan vfx papan atas pakai untuk kompositenya. Terkadang juga orang hanya pake chroma screen biar nggak capek" lagi ke tkp buat ngambil footage Salam kenal juga gan. Ane sekarang masih belajar, otodidak.
untuk animasi nggak beda jauh juga gan, pake kamera stereo juga, cuman tantangan dalam animasi salah satunya ada dalam composite, karena kalau live action tinggal composite footage dengan hasil effect dan cgi, dalam animasi semua komponen harus di composite satu", makanya untuk memudahkan Drea
hmm, mungkin ane agak typo di bagian lightning. Setahu ane sih memang proses stereo 3D masuk dibagian post production, setelah final layout dan pre-render, tapi ane ngambil berdasarkan urutan yang ada di sumur, sebenarnya ane menunggu ada yang koreksi tentang ini, btw, thanks for commenting! halo
sedikit koreksi mungkin yg agan maksud lighting bukan lightning :) , oh iya klo mengenai stereo 3D kayaknya proses itu setelah lighting dan sebelum rendering , soalnya camera yg dipake kan camera di dalam software 3D , jadi cameranya ada 2 yaitu Left dan Right , setelah itu maka tiap camera punya...
Mungkin ane juga kurang paham gan, soalnya setahu ane, VFX itu seperti special effect, hanya ini dimainkan di dunia digital, kalau salah yang mohon maaf gan :ilovekaskuss ga ada yg salah kok gan pendapat setiap orng kan bisa beda2 hehehee , tp bagus klo ada diskusi kyk begini supaya sama2 belaja
Tapi emang overall susah ditebak gan, banyak yang cg doang, banyak juga yang campur. Tapi selama emang sebuah film kita dapat lihat bahwa tidak ada permainan dengan live footage, menurut saya tetap lebih baik kita masukkan kedalam cgi bukan vfx, cmiiw :malus oh begitu yah gan hehehe , klo menuru
kalau video itu masuknya cgi masih gan, bidangnya emang particle simulation, karena visual effect menurut saya ketika kita udah menyatukan dunia komputer dengan live footage alias rekaman dari dunia nyata. Vfx itu juga masuk CGI, tapi enggak semua CGI itu VFX :) halo gan , hehehe iya agan bener e
hai , iya ini termasuk bagian daripada vfx lebih spesifiknya yg kyk gt disebut effects simulation/dynamic simulation , di company vfx yg bagian ngerjain destruction seperti itu namanya effects artist / effects technical director . saya coba jelasin dikit yah , umumnya di company besar punya de...
Hai semua , udah pernah liat karya vfx ini ? https://vimeo.com/44655380 ini karya dari 4 orang tp setiap orang punya tugas masing2 ( 1 orang compositor + look dev + lighting, 2 orang modeller + texturing, 1 orang fx (effects) artist + animator) , nah mgkin ini bisa jadi ide buat temen2 disini utk...
halo semua , saya seneng nih klo ada generasi muda kyk tmn2 disini yg mau ngembangin visual effects di indonesia, mudah2an perkembangan visual effects di negara kita ini bisa lebih maju , ohh iya polling yg diatas kok ga ada autodesk maya yah? , btw dipollingnya kan ditulis software special effec...