Ya ga perlu semua head to head dong. Disesuaikan dgn doktrin tempurnya, klo ga ya jelas ga imbang. Khan masalahnya gmana caranya kita tetep punya fighter tangguh tp dengan budget n kondisi terbatas, apalagi mau dijadiin workhorse. Mau beli falcon blok 52 berat, mau hibah dibilang buluk, mau gripe
yakin sama? ada link ato kutipan buku? kl dasar anda cm canard sm tailless delta, gripen jg donk sm? sm" engine satu.. pylon byk ya MTOW jg msti besar.. dan gk ada hub nya sm bentuk sayap.. liat wing loaded kl anda mau buat prbandingan.. jgn cm liat dr bntuk doank mas.. sufa bisa? skali lg l
Klo mau tot yah tentu harus banyak, mana mungkin dapet tot klo dikit. :ngakaks Itu, IFX 50 biji, untuk kategori Indonesia. Itu udah gag ngeteng loh hitungan nya. Ane sendiri lebih prefer kalo kita coba Tot J-31, di banding proyek IFX. Klo bisa lebih dari 50 biji, 100 mungkin. Keliatan nya leb
Mesin itu tetep make lyulka alf 31 yg mau diganti sepertinya armada mirage khan yg jumlahnya 170-an, jadi nantinaya mereka make 3 mesin aja PW di f-16, Lyulka di J-10 dan RD untuk JF dan J-31 sori. iya bener lyulka. tapi kayaknya belum pasti lyulka juga. masi rada nunggu mesin cina mereka. rada ga
syarat yg sama waktu kita mau lisensi c705... dan ternyata kita gak sanggup... :D tragis.. tapi yg gw kurang nyaman dengan tawaran c705 itu masalah tot yg diketeng. sekian tahun tot sekian. naik berapa tahun tot sekian lagi. jadi kaya jangkar pengaman cina berhubungan dengan indonesia. kita nya
pantes gan di smg ada masjid peninggalan ceng ho... keren gan masjidnya di dlm goa... tp karna sikon. sekarang di dirikan yg baru di dalem kawasan kelenteng ceng ho gt lah... di jatim juga ada gan... di lasem apa mana gitu... keren gan logo kelentengnya kepiting... Karena dulunya klenteng tu gak ad
mas, gk ada hubungan sm skali canard, desain sayap sm kmajuan teknologi.. sama" lightfighter, sama'' pny radome kcil, kl saya bandingin sm SU-27 baru saya salah.. knp gk apple to apple? kl gtu J-10 dan lavi jg gk.. ente bandingin teknologi ato fisik? kl bandingin fisik, baca quote merkapa a
selama masih zero enemy sich ga bakalan milih kubu baik elang gundul, beruang ato naga. paling tidak kita punya waktu 30th untuk memilih karena kemungkinan besar kapal2 perang, pesbom dan pespur baru china dah selesai. tetap saja kita bakal memilih gak mungkin terus2an zero enemy:malus Lupa
Secara desain gak apple to apple lah. Clipped delta f16 buat low speed & low altitude sama tailless delta plus canard buat hi hi. Karakteristiknya sudah lain.
Buat Paki yg ptg itu J-10B bisa buat serangan presisi khan gak cuman nembakin roket dan buang bom aja maunya bisa bawa AGM ama bom pinter. Ane rasa mereka mau ngisi avionik Thales jika radarnya mereka puas Ohh... Ic Radarnya tetep nunggu china punya?
Sebenernya gag perlu, lu ada apa, gw punya apa gitu. Kita juga gag perlu kok sampe harus masuk suatu proxy, baik proxy China maupun pivot nya Mamarika. Cukup membuat hubungan baik aja, dengan om Naga and Mamarika. Coba liat pakistan deh, mereka hbungan nya sangat baik kok dengan China, tapi b
Untuk airframe khan udah ane bilang beda jauh khan ama ⌣ Lavi itu J-10 selisih 2 ton berat airframenya sendiri Gw diatas kan bilang potensi desain. Ya potensi dari desain airframe itu sendiri. Bukan contek mentah bold by bold airframe lavi. Gw percaya kok, suatu saat kalo muncul j10 bloc
Nggak ngomong penjualan om. Ngomong teknologi yg bisa dimasukin ke airframe dan potensi airframe. Avionics si tergantung user maunya gimana, duitnya seberapa dan politiknya bagaimana. Soal radar cetek kan kemampuan China waktu itu msh segitu. Justru target j10 segitu karena China realistis (dan...
Soal Pakistan blon dikasih J-10, kmkinna krn mereka mau J-10B mature dulu. PR Pakistan juga banyak mereka kudu siapin pesawat buat menghadapi MKI India khan? Kalo dari pakdef si bilangnya paki pengen j10 dengan avionics pilihan sendiri. Maka dari itu jadilah j10B. Jadi bukan kaya khayalan formil,
mas flankerbomber, ada yang namanya limitasi desain. Dan berhubung mas kimi mabok sudah nulis. Aku quote saja Dari situ, jika J10 diperes habis batas-batas aerodinamikanya. Sampai sejauh mana dia mampu berperan. Sejauh itu pula potensi Lavi akan berkembang. SU 35 itu salah satu contoh pesawat y...
Merkapa sayang... sebagai seorang engineer, situ akan senang sekali ketika memulai project tidak dari NOL kosong. Situ akan bersyukur sekali dengan adanya data-data awal. At least, ada landasan mau dibawa kemana. Dengan tetap melihat alternatif - alternatif desain lain (yang datanya masih KOSONG...
Eh lupa quote yang satu ini. Hehe... sori merk. Memang bukan. Gw bilang itung-itungan = data-data. Gw gak bilang pesawat sama toh? emang barang beda kok om. Kan gw bilang data. Data-data lavi yang "kemungkinan besar" (karena gak ada sumber resmi) yang dipakai buat bangun J10. Ntar tak...
mumpung ada yg lg bahas IAI,maaf klo OOT dikit.... nemu berita ini In Israel, Residual Resentment Over Nixed Lavi Fighter Program Former Minister Laments IAI's Lost Potential. http://www.defensenews.com/article/20131001/DEFREG04/310010032/In-Israel-Residual-Resentment-Over-Nixed-Lavi-Fighter-Pro
A4 SKYHAWK KRI CAKRA DAN NENGGALA 37 KRI EKS JERMAN TIMUR yup cuma masalah di proteksi aja kok. kalo untuk pemukul sudah cukup tapi yang Sigma 10514 ya,... Seriusan mbah. Kri eks jertim pake iLS? Kok sampe tenggelam, retrofit terbatas. Banyak yg mangkrak (kalo naik kapal trus masuk teluk j
----------cut---------- 5. After Sales Service, akan lebih bagus kalau menyertakan program "ILS" ( Integrated Logistic Support) khusus untuk material CMS dengan demikian tidak terjadi gap yg tidak perlu. iLS ini sangat berbeda dg after sales service yg mengiringi kontrak pembelian yg sep