Lepas dulu karet talang di atas mbl. Nanti akan terlihat lubang akubat korosi di sana. Tambal pakai lem sealer yg biasa dipakai tukang pasang atap galvalum.
Busa tatakan stoplamp sdh hamcur atau kempet, jd air lewat sela2 nya. Ganti pakai potongan karet ban dal mbl. Potong sesuaikan dgn bentuk busa yg lama.
Dikorok = ditusuk2 lubang2 saluran hingga kerak kediring keluar. Setelah itu pakai coolant, tiap 3 bulan cek infus radiator. Keruh ada endapan tdk. Kalau keruh kuras radiator, bilas 2x pakai air sumur. Isi kembali pakai coolant. Ulangi treatment tsb sampai 3x, selanjutnya ganti coolant tiap 1th. ...
Pilih yg mesin kering tdk ada rembesan oli, cek dgn cara ngolong dr depan. Jika kiri yg rembes biaya murah, belakang yg rembes biaya sedang, tengah yg rembes biaya mahal. Cek eps rack steer: putar hentakkan steer kekiri kekanan jika berbunyi glek pd kabin bawah dek penumpang dpn biaya nya mahal.
Diingat ingat, kapan terakhir ganti motornya. Kalau sdh 2th ya benar motor sdh lemah. Beda kalau asli bawaan pabrik (mbl baru) dia bisa tahan 5 - 7th kemudian berangsur melemah sampai mati. Saran saya baik beli yg kw saja, fungsinya sama saja. Toh kita juga akan cek rutin sistem ac setiap 2th (sp...
Reset eps nya. Coba pakai cara yg di yutub. Kalau masih nyala, ya harus pakai scanner utk meresetnya. Sebelumnya, pastikan dl soket2 eps kencang terpasang ya.
Bagaimanapun coolant berguna. Utk melumasi bagian sistem pendingin mesin. Jangan percaya omongan kang radiator. Kalau radiator sdh diserpis dikorok = artinya sdh bebas endapan, sekarang boleh pakai coolant. Hindari coolant merk P saja anjuran saya. Kalau mbl belum pernah korok radiator (serpis) n...
Cek alternator sendiri saja. Ambil volt meter. Pasang vm tsb pada kutub aki plus dan min. Nyalakan mesin, setelah 10 menit hidupkan: .headlamp .ac .wiper. Baca vm terpasang di aki, normalnya di 14,1v s/d 14,5v Jika terbaca diluar itu = din ampere minta serpis (tdk ganti seglondong). Sambangi spesia
Jika kaki2 dicek masih kencang, cek bushing as rack steer sudah pecah. Kudubongkar EPS. https://s.kaskus.id/images/2022/05/26/4266058_20220526052011.jpg
Cara cek kampas kompling manual trans: Parkir mbl di tempat depan tdk terhalang. Pasang handrem, start mbl, injak kompling lalu masukkan gigi 2. Tahan gas di rpm 1000 lalu lepaskan kopling perlahan. Kalau mesin mati = kampas masih bagus. Kalau mesin masih menyala meski kopling full dilepas = siap...
Cek laher roda. Pastikan suara berasal dr roda sebelah mana. Dongkrak roda, lalu putar roda pakai tangan kanan, tangan kiri pegangi shock breaker. Rasakan bila ada getaran (gregel2) di tangan kiri = laher roda minta ganti.
siang om2 semua... Gd3 idsi Keluhan gledek2 di kaki2. Parah suaranya. Roda seperti mau copot. (Libas jalan paving blok komplek) Cek onderstel semua kencang. Diagnosanya bushing as rack ganti, sdh 17th pakai dr baru. Biaya sampai jadi senyap= 900rb (kota semarang) cek onderstel dan rack steer. ...