Sharing masalah RPM drop gan. 3 hari yang lalu ane servis 10rb Km. Pekerjaan yang dilakukan: - CC 2 botol - Ganti mounting transmisi (udah kebelah 2 posisi horizontal :capedes ) - Copot dan bersihkan katup EGR Setelah itu, ane berasa langsamnya cenderung stabil gan di 700-750, ga ngedrop, walhasi
Sip, nanti ane mau coba gan, tapi posisi tanpa CC. Soalnya kalau sudah CC, jadi bias penilaian efektifitas cabut knock sensornya. Walaupun secara logika ane belum dapet, soalnya sejauh yg ane tau, knock sensor itu hanya semacam sensor suara untuk mendeteksi suara knocking yang diubah menjadi arus
Coloknya di yang ane lingkerin warna ijo tuh gan.. http://s.kaskus.id/images/2016/01/11/816481_20160111093226.JPG Mohon ijin sharing pengalaman sehubungan dengan pencabutan soket sensor di atas. Tipe dan kondisi mobil: - Livina XR A/T 2008 - KM 116XXX - Terakhir CC 8XXX km yang lalu - Pengapian
Setelah ane bongkar tadi malam, sepertinya itu bukan sensor EGR gan. Tapi sensor yang embedded ke intake manifold. Sepertinya sensor katup servo untuk/berkaitan dengan tumble flap/valve gan. Bener ga ya? Berikut gambarnya gan. (tadi malam ane baca kode-nya terus search di google. Hanya muncul
Berarti sensor apa ya yang ane cabut wkakakak....yauda gan kalo ga yakin jangan di cabut... Yang agan cabut itu soket utk EGR. Cabut soketnya tidak akan menghilangkan ngelitik. CMIIW Setelah ane bongkar tadi malam, sepertinya itu bukan sensor EGR gan. Tapi sensor yang embedded ke intake manifo
Salam Klik.. Selamat pagi temen2, sodara2 sekalian. Salam kenal dr saya kota gudeg JOGJA. Saya pengguna baru nissan livina tipe x-gear 2010. Kmren beli second ne, jujur ane gak bgtu tau soal mesin. Kmren ambil ne livina krn kebutuhan dan kesemsem sama x-gear yg macho tp tetep kalem. Nah, yg mau say
Yang agan cabut itu soket utk EGR. Cabut soketnya tidak akan menghilangkan ngelitik. CMIIW Makasih untuk penjelasan sensornya gan.
RPM ane ngedrop ke 700 pada saat mesin dingin aja gan (posisi D injek rem).. kalo mobil uda dipake sekitar 15-30 menitan RPM mulai kembali normal ke 800-900 (posisi D injek rem).. yang nyebelin dudukan filter udara mesin ane bunyi kalo uda mesinnya geter2..agan juga gitu ga? Iya, jadi waktu awa
Hahahahaha, sip gan, jelas posisi sensornya. Nanti ane coba cari tau itu sensor apa gan. Tapi bolehlah nanti kita coba2 dulu, selama check engine ga nyala, hehe. Oia gan, cuman analisa aja, RPM nge-drop kalau tidak salah bisa diakibatkan oleh AFR (Air to Fuel Ratio) yg ga pas. Salah satu sensor
Coloknya di yang ane lingkerin warna ijo tuh gan.. http://s.kaskus.id/images/2016/01/11/816481_20160111093226.JPG Berarti sensor apa ya yang ane cabut wkakakak....yauda gan kalo ga yakin jangan di cabut... Hahahahaha, sip gan, jelas posisi sensornya. Nanti ane coba cari tau itu sensor apa gan
Kalo ane tanya sm SA nissannya sih ktnya itu knocking sensor.. Tp coba aja gan di cabut.. Semoga ngelitiknya ilang kayak ane hehe.. Pengen coba cabut sih gan, tapi kalau belum tau nama sensor-nya, ga berani, hehe. Posisi tepatnya itu dimana ya gan? Kalau di lingkaran kuning agan, sensor yg deket2
Kalo ane tanya sm SA nissannya sih ktnya itu knocking sensor.. Tp coba aja gan di cabut.. Semoga ngelitiknya ilang kayak ane hehe.. Posisi knock sensor di mobil ane seperti di gambar berikut gan (di bawah hose radiator yang dilingkari merah). Ukuran soketnya itu tidk lebih besar dari jempol tang
nih gan gambarnya,,udah ane copot http://s.kaskus.id/images/2016/01/10/816481_20160110055708.jpg sama ga? ga ada perubahan sedikit pun? Btw ane kmrn uda bersihin maf sensor.. yang ane rasain agak mendingan sedikit geternya lebih cepet ilang dibanding sebelum bersihin maf sensor.. apa cuma peras
Cabut sendiri aja gan..letaknya d bawah tabung udara..gampang bgt copotinnya.. Ane uplod foto dr hp kok ga bs yak.. Ini gbr knock sensor gan. Ane ambil dr olx. Ane hanya cabut soketnya aja, yg di ujung itu.http://s.kaskus.id/images/2016/01/10/4192964_20160110022438.jpg
Cabut sendiri aja gan..letaknya d bawah tabung udara..gampang bgt copotinnya.. Ane uplod foto dr hp kok ga bs yak.. Gan, ane tadi udah ke bengkel utk cari tau posisi knock sensor sekaligus cabut. Nah, posisinya kok beda dg yg agan lingkarin di gbr sebelumnya ya? Posisi knock sensor ane di bawah
Betul Gan, ada CNG dan LGV LGV itu = LPG (liquid petroleum gas) = elpiji buat masak di rumah rumah. CNG = Compressed Natural Gas, teknis nya juga lain, CNG = hi pressure bisa sampai 200Bar, sedangkan LPG low pressure 8 sd 12 Bar. dan nozzle pengisian CNG dan LGV juga berbeda, bahkan di eropa,
selama ini tidak pernah overheat, lagian juga OGL kan ga ada indicator temperature, cuma lampu merah kalau overheat dan biru kalau dingin, dan pemakaian bahan bakar Gas di eropa adalah hal yang lumrah, tetangga terdekat negara kita adalah thailand, di Thailand SPBG banyak nya besaing dengan yg ju
gampang kok. sensor MAF tinggal cabut soket kabelnya, buka bautnya, tarik sensornya, trus semprot pake cleaning fluid beli di ace hardware. Ga perlu reset ECU gan? Check engine aman?
Pas ane beli kondisi cm ada ngelitik halus kalo di tanjakan..setelah sensor di colok cm beres ngelitik parah..skg setelah di tune up, copot sensor dan pake pertalite ngelitik ilang total.. Okesip. Makasih gan.
Belum pernah gan, tapi ane uda liat tutorialnya DIY-nya si di page 1, gampang si seharusnya.. cm pake obeng kembang aja bisa copot tu maf sensor, trus tinggal di semprot pake cairan cleaning sensor.. tapi ane blm berani.. kalo agan uda berhasil tolong info ke ane ya gan.. Siap gan. Nanti seandai