sayangnya sebelum betisnya meledak dompetnya keburu meledak dulu.....guubbrraakk :) cog 9t nya ngga kira2 mahalnya....
52-11 masih enteng koq gan di jalan datar asal: 1. ban semuanya slick tekanan 95 PSI 2. pake pedal and sepatu cleat 3. posisi riding sebisa mungkin rebah, jd ga lawan angin kalo 58-11 mulai berat...kalo 65-11 kapok daaahh, persendian deket mata kaki pada sakit udahnya:)
he..he...seblumnya sempet bocor jg seh, di pompa ampe 90PSI :) kalo mau ga bocor ada sedikit tips: kalo wheelsetnya masi single wall, emang resiko bocor lebih gede. waktu pasang ban dalem sebaiknya ganti rim tape dgn yg baru, sebelumnya jgn lupa jari2 yg nongol/ nembus niplenya sebaiknya digerin...
utk RD seli sebaiknya pake road bike punya, krna model shortcage kayak shimano SORA, cocok utk velg 20" cuma cassettenya ngga bisa pake mega range, kasian RDnya jd kebetot bgt begitu kena gear 34t...sebaiknya pake cassette road bike jg 12-24t 8/9speed, biar makin ngacir selinya jgn pake sea...
DG emang keren design framenya .... kalo ane ga salah, wheelbase kayaknya pendek kayak BMX, jg posisi cranknya tinggi dr tanah, jd lebih kayak hard trail (MTB)
copotnya pasti waktu naik gigi ke lebih tinggi (gigi 4 ke 5, 6 ke 7 dst...) itu ga bisa diapa2in gan...terima nasib krna RDnya emang gitu, ngga bisa lembut shiftingnya dan udah lemah pegasnya biar ga lepas: 1 mesti pake chain guard di chain ringnya 2. gowesnya pelan pada saat shifting ke gigi le...
7 speed freewheel terkecil cuma 14t di pasaran, hampir semua seli pake ini 7 speed freewheel cuma 14t...kecuali model cassette 7 speed ada yg 11t tapi ini juga langka dgn kecepatan gowes yg sama, lari sepedanya jauh lebih kenceng dibanding 14t :) secara gowes bisa lewatin sepeda balap full car...
freewheel yg 11-28t merk epoch, harganya sekitar 360rb...beli di US gan kan pernah ane posting seblumnya di forum ini freewheel ane yg 11-28t, barang super langka...suaranya keren lg, suara jangkrik kayak freehub fulcrum, mavic:) emang cleat mantap, mau gowes dgn cara yg bener emang harus pake ...
tetep lebih kenceng effect ganti sprocket yg 11t dong gan, secara 46/11t jauh lebih kenceng dr ganti crank ke 52/14t...kalo ga mau repot ganti RD, shifter, rante, free-hub, ngepang jari2, ya pake freewheel 7 speed dgn cog 11t (kayak punya seli ane) :) tapi kalo ganti crank mending sekalian gant...
enaknya pake cleat bisa gowes lumayan lancar cuma pake satu kaki doang...ampuh kalo ngadepin jalan macet di jakarta tanpa mesti copot-pasang cleat sama aja koq tapi kalo pake strap harus di iket kenceng sepatunya...perinsipnya harus bisa gowes cepet dgn satu kaki doang tanpa kelepas sepatunya dr...
awalnya ane jg mikir gitu, ngga bisa rubah2 posisi kaki tapi kalo gowes yg bener mesti di 90rpm (best utk jantung, optimal buat kerja otot, baik utk endurance), masalahnya susah gowes secepet 90rpm utk waktu lama tanpa cleat, kaki sering lepas dr pedal, bisa jatuh or kena rante :) ane jg hobby n...
koreksi dikit ya gan....bukan crank 60T tapi 65T :) BTW fixie mestinya main di velodrom bukan di jalan raya...kalo pake 51/15 di jalan raya bahaya bgt secara terlalu ngacir....gimna ngeremnya kalo cuma fixie seli bisa bgt koq lewatin mereka, wong fixie cuma punya single gear...kecuali nempel ro...
sementara belum niat jual seh gan...buat cadangan kalo 65T dengkul ngga kuat:)...tapi nti ane kabarin deh wahh...apa hebatnya frame dahon archer ...sama2 alumunium 7005 kenapa mesti ganti??? bobotnya aja masi lebih ringan seli ane fork nya aja masi kayak fork sepeda mini bro....hub depannya jug...
makasi buat semangatnya bro lanang...ane udah latihan gowes 58/11t lebih dr 200km, semakin banyak latihan semakin enteng gowesnya koq....udah saatnya upgrade and dilatih ototnya di 65/11t :)... tapi tenang bro, kalo kerasa berat krna crank arm nya skrg cuma 170mm, ane mau bikin sendiri crank arm...
Proses pembuatan pola laser printed skala 1:1 di tempel ke plat alumunium 3mm drilling and cutting semua dilakukan sendiri, hitung baik2 jumlahnya pas 65T tahap tuning, tiap geligi di kikir pake tangan dengan hati2, disesuaikan dengan rantenya supaya ngeplak setelah terpasang dan diuji...semu...
gan, nyari ban dalem 20X1.25-1.35 koq susah bgt ya....secara ban dalem yg umum dijual kebanyakan size 20X 1.5-1.75...kalo dipaksaain dipasang di schwalbe kojak 20X1.35 sering kedlipat krna kegedean ban dalemnya...jd ngga awet ban dalemnya...sering bocor sendiri padahal nga kena paku di monster bi...
Ga tau 7005 apa 6000, asal usulnya ga jelas gan, tapi aman koq secara 65t, paling kaga hentakan rante tersalur ke 33 gigi Ane punya 58t juga pake alumunium... Kalo gear belakang kudu baja soal cog 11t cuma 4 gigi doang yg nahan sentakan rante...alumunium secanggih apapun pasti ancur kena sentaka...