Kaskus

News

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Gagal Mendarat di Dek Kapal Induk, Super Hornet Nyemplung ke Laut Merah
Quote:


Hari apes kembali menimpa keluarga besar Super Hornet Gan, pasalnya sebuah F/A-18F Super Hornet nyemplung ke laut setelah gagal melakukan pendaratan di dek kapal induk USS Harry S. Truman (CVN-75). Media CNNadalah yang pertama kali melaporkan. Insiden terjadi pada Selasa (06/05/2025) sekitar jam 9 malam di Laut Merah.

Saat insiden semalam, pengait yang terpasang di Super Hornet gagal mencengkeram arresting wire yang terpasang di dek kapal induk. Arresting wire merupakan kabel baja yang dipasang di dek kapal induk untuk menghentikan laju pesawat yang hendak mendarat.

Dugaan sementara akibat gagal mencengkeram kabel di dek, pesawat langsung meluncur menuju laut. Untuk mengetahui rincian jatuhnya Hornet, masih harus menunggu hasil penyelidikan. Dua awak yang terdiri dari pilot dan Weapon Operator Officer (WSO) dilaporkan berhasil menyelamatkan diri memakai kursi lontar.

Keduanya lalu dievakuasi oleh helikopter MH-60 Seahawk dari Sea Combat Sqaudron 11. Dua kru F/A-18F Super Hornet berasal dari VFA-11 "Red Rippers" tidak alami cedera yang serius. Awak di dek penerbangan kapal induk pun juga tidak alami cedera.

Quote:


Ini adalah Super Hornet kedua yang hilang di Laut Merah dalam kurun waktu seminggu, sebelumnya pada 28 April 2025; sebuah F/A-18E dari Strike Fighter Squadron (VFA) 136 jatuh ke laut saat hendak ditarik dari hanggar memakai traktor penarik. Pesawat dan traktor penarik kemudian jatuh ke laut saat kapal induk melakukan manuver ekstrim menghindari serangan dari milisi Houthi.

Meski terlihat mudah, faktanya mendaratkan pesawat di dek kapal induk bukan perkara gampang Gan. Karena mendaratkan pesawat di dek kapal sama seperti mengejar kapal yang bergerak. Saat hendak mendarat, pilot selalu memilih sudut yang lebih landai untuk mendarat.

Di dek kapal terdapat 4 kabel untuk menghentikan laju pesawat, kabel terbuat dari kawat baja yang kuat. Kabel ini bisa memperlambat dan menghentikan pesawat yang mendarat dengan cepat, sehingga pesawat dapat berhenti total dengan aman di dek kapal induk. Jarak antara masing-masing kabel sekitar 15 meter.

Pilot harus bisa mencantolkan pengait yang ada di pantat pesawat pada salah satu kabel tersebut. Biasanya kabel ketiga yang diincar pilot karena dianggap paling aman dan efektiv. Kabel pertama tidak pernah diincar para pilot, karena jaraknya terlalu dekat ke pinggir dek serta bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Seandainya gagal atau tidak memungkinkan untuk menangkap kabel ketiga, masih ada opsi yang lebih aman untuk menangkap kabel kedua atau keempat.

Quote:


Jika pesawat gagal melakukan pendaratan di kapal induk istilahnya disebut sebagai bolter. Ketika hal itu terjadi, pilot segera menambah tenaga dan melakukan go-around, kemudian menambah ketinggian dan jarak dari kapal induk.

Bolter dapat terjadi karena berbagai alasan, sering kali terkait dengan kondisi cuaca yang menantang, kesalahan pilot, kondisi cuaca buruk, atau sekadar karena tugas berat saat mendarat di kapal induk (biasanya gabungan dari semuanya). Namun, saat hal itu terjadi, semua orang mengikuti prosedur dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sejauh ini belum ada penjelasan yang rinci terkait insiden yang menimpa Super Hornet dari pihak US Navy. Kejadian terbaru tentu jadi pukulan telak, karena dalam upaya melawan Houthi, Super Hornet telah memainkan peran penting. Sekarang US Navy harus memastikan agar operasional pesawat dari kapal induk Truman berjalan dengan baik, sehingga tidak alami kerugian lagi.




Referensi Tulisan: CNN
Sumber Foto: sudah tertera
black.roboAvatar border
dragunov762mmAvatar border
gonugraha76Avatar border
gonugraha76 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
414
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan