Kaskus

Automotive

deni.kaAvatar border
TS
deni.ka
Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa
Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Foto: Sinar Jaya grup/Facebook



Sinar Jaya, Agan dan Sista pasti sudah tak asing dengan nama bus ini. Kalau kalian lewat tol Trans Jawa naik bus atau kendaraan pribadi, pasti akan sering menjumpai bus dengan livery dasar warna putih tersebut. Bahkan saking banyaknya bus mereka, sampai muncul kutipan legend "Bus Sinar Jaya disalip enggak ada habisnya di Trans Jawa."

Makna kutipan itu adalah setiap kali kita menyalip bus ini di tol, beberapa meter di depan pasti ketemu bus Sinar Jaya lagi. Ketika kita salip lagi, di depannya ada bus Sinar Jaya lagi. Begitu aja siklusnya sampai exit tol emoticon-Hammer (S)

Bus ini tuh bisa dibilang punya ambisi gila Gan Sist, kenapa TS sebut gila ? Karena Sinar Jaya ingin jadi raja bus di Pulau Jawa. Ane menyebutnya begitu berdasarkan fakta di lapangan. Coba lihat saja sekarang, kota atau kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pasti ada bus Sinar Jaya yang melayani rute ke sana.

Gebrakan Sinar Jaya untuk menjadi raja dimulai dengan menginvasi Jawa Timur dengan membuka rute Jakarta - Surabaya - Malang beberapa tahun lalu. Tak disangka antusias penumpang tinggi. Lalu Sinar Jaya buka rute lagi Jakarta - Madura, nah rame lagi nih penumpangnya. Buka rute lagi Jakarta - Surabaya - Gresik, dan rame lagi. Buka rute Jakarta - Banyuwangi dan lagi-lagi rame emoticon-Big Grin

Sebelum invasi Sinar Jaya ke Jawa Timur, bus ini juga sukses buka rute Jakarta - Jogja via jalur selatan. Di mana jalur ini persaingannya gila karena didominasi sama Murni Jaya dan Rosalia Indah yang banyak banget armadanya. Sampai sekarang rute ke Jogja pun semakin banyak peminatnya.

Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa


Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa


Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Foto: Sinar Jaya grup/Facebook


Juli 2024 lalu Sinar Jaya melebarkan sayap ke Jawa Timur dengan buka rute Blitar - Tulungagung - Kediri - Jakarta dan Ponorogo - Madiun - Maospati - Ngawi - Jakarta. Rute ini sebenarnya juga ladang cuan dengan pesaing yang cukup banyak seperti Gunung Harta, Harapan Jaya, Rosalia Indah, Haryanto, Laju Prima dan masih banyak lagi.

Tanggal 20 Desember 2024 lalu, Sinar Jaya menggebrak lagi dengan buka rute Jakarta - Denpasar. Benar-benar gila sih sih ambisi mereka dalam membuka trayek baru Gan Sist. Rute mereka ke Sumatera juga lumayan ramai beberapa diantaranya adalah Palembang - Jogja, Palembang - Bogor, Lampung - Wonosobo dan masih banyak lagi rute lainnya dari Sumatera ke Jawa.

FYI Gan Sist, gara-gara Sinar Jaya buka rute Jakarta - Surabaya - Malang, Harapan Jaya pun akhirnya turun gunung untuk membuka rute di jalur yang sama. Mereka juga membuka garasi di sekitar Surabaya untuk menghadapi persaingan dengan Sinar Jaya. Sebagai putra daerah Jawa Timur, Harapan Jaya tentu tak mau diam saja melihat invasi Sinar Jaya.

Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Foto: Sinar Jaya grup/Facebook


Yang ane heran tuh, Sinar Jaya setiap kali buka rute baru pasti selalu rame dan langsung dapat penumpang. Contoh rute Jakarta - Madura dan Ponorogo - Jakarta. Rute ini sulit buat bus pendatang baru, tapi herannya mereka bisa menarik hati penumpang di rute tersebut.

Sebenarnya ada beberapa faktor kenapa Sinar Jaya itu selalu dapat menarik minat penumpang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tarif lebih murah dari kompetitor. Agan-Sista bisa bandingkan nanti, biasanya tarif Sinar Jaya pasti lebih murah.

2. Berani menawarkan kelas baru. Sinar Jaya ini jadi pelopor bus rebahan (suites class) di Indonesia, dan akhirnya bus kelas rebahan semakin populer sejak saat itu.

3. Kecepatan bus tidak tinggi dan cenderung pelan. Jadi, Sinar Jaya dulu dikenal ugal-ugalan Gan Sist dan membuat mereka punya predikat buruk. Hingga akhirnya mereka merubah citra itu dengan membatasi solar dan kecepatan. Seking pelannya, Sinar Jaya kini sering disebut sebagai keong. Meski begitu, penumpangnya masih rame saja.

4. Armada bus sangat terawat. Jarang banget menemui Sinar Jaya harus menepi di jalan karena bermasalah. Ane akui perawatan bus Sinar Jaya ini jadi salah satu yang terbaik saat ini.

5. Tetap berangkat meski penumpang cuma 1. Konsisten dalam pelayanan Sinar Jaya ini memang layak ditiru. Pasalnya saat ini masih ada loh bus tujuan Jakarta kalau penumpang sedikit dioper ke bus lain yang masih satu perusahaan. Meski busnya masih satu perusahaan, penumpang pasti tak nyaman dengan hal tersebut.

Ambisi Gila Sinar Jaya, Ingin Jadi Raja Bus di Pulau Jawa

Penumpang Sinar Jaya di terminal Tanjung Priok. Foto: Sinar Jaya grup/Facebook


Apa yang diperoleh Sinar Jaya saat ini tentu tidak diraih secara instant Gan Sist, sebelum melebarkan jaringan bisnisnya, mereka konsisten di rute Jakarta - Tegal dan sekitarnya. Tapi, ketika dirasa punya cukup modal mereka baru berani membuka rute ke daerah lain.

Hal ini tidak seperti bus pendatang baru yang rata-rata cuma modal nekat, dengan modal pas-pasan tapi berani membuka banyak rute dan membeli bus premium. Dalam bisnis itu tidak hanya diperlukan keberanian, tapi juga kesabaran dan perhitungan yang matang. Dan itu adalah hal yang kita bisa pelajari dari Sinar Jaya.

Nah, demikian ulasan bus kali ini. Kalau kalian punya pandangan tentang dunia bus atau pernah punya pengalaman naik Sinar Jaya, silakan nanti berkomentar di bawah. Sampai jumpa emoticon-Cendol (S)




Sumber Tulisan: opini, pemikiran dan pengelaman pribadi
Ilustrasi: Facebook

doughnutzzAvatar border
viensiAvatar border
vianzgunawan864Avatar border
vianzgunawan864 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.1K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan