Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mirip Becak Motor, Pasukan Rusia Pasang Sangkar Anti-Drone di Sepeda Motor
Quote:


Dalam hal inovasi melawan drone, Rusia bisa dibilang adalah pihak yang paling kreatif, setelah sebelumnya mereka memasang sangkar anti-drone pada kendaraan tempur; kini sangkar tersebut juga telah dipasang pada sepeda motor. Seperti Agan lihat pada foto di atas, dua sepeda motor milik pasukan Rusia dipasangi sangkar drone dengan bentuk yang berbeda.

Pada foto motor di sebelah kanan dibuatkan sangkar dengan atap yang menyerupai atap rumah, sementara foto motor di sebelah kiri atapnya dibuat rata memanjang dengan tambahan penutup berupa jaring/kain untuk tujuan kamuflase. Jika dilihat sekilas, sangkar anti-drone yang dipasang menjadikan kedua sepeda motor ini terlihat seperti becak motor yang biasa kita temui di kota Medan atau kota Siantar serta Sumatera Utara pada umumnya.

Di sisi lain, bagian sidecaratau kompartemen tambahan di samping kanan sepeda motor telah dimodifikasi. Bagian sidecar tersebut telah dibuat ulang memakai besi dan bentuknya berubah menjadi persegi panjang. Melihat wujud sidecar yang longgar, selain untuk mengangkut pasukan atau evakuasi pasukan yang cedera, kompartemen ini juga bisa membawa logistik dalam jumlah banyak.

Quote:


Menurut beberapa keterangan akun di Telegram dan X, motor yang dipasangi sangkar tersebut beroperasi di sekitar wilayah Zaporizhzhia. Motor-motor tersebut dilaporkan akan digunakan untuk menuju Robotyne. Dilihat dari bentuk motornya, motor tersebut merupakan motor varian lawas yang dibuat semasa Uni Soviet yang dikenal sebagai M-72. Selain di Rusia, dulu motor ini juga sempat diproduksi di Ukraina dengan nama Dnepr.

Mengutip informasi dari B-Cozz, motor M-72 merupakan hasil rekayasa ulang dari BMW R71. Pada 1940, Soviet mendapat lisensi untuk membuat motor tersebut secara lokal. Total keseluruhan sepeda motor yang dibuat mencapai 50 ribu unit sampai tahun 1955. Batch pertama dari sepeda motor M-72 yang dilengkapi sidecardikirim ke Tentara Merah pada Januari 1941. M-72 versi pertama diproduksi Moscow Motorcycle Plant (MMZ) sampai Oktober 1941. Total 1.753 unit M-72 diproduksi oleh MMZ. Selain MMZ, sepeda motor juga diproduksi di pabrik yang berlokasi di Leningrad dan Kahrkiv.

Produksi M-72 dari tiga lokasi yang sudah disebut di atas sempat dipindahkan ke pabrik Gorky dan ke kota kecil Irbit di Pegunungan Ural, untuk menghindari serangan pesawat pengebom Jerman. Pada tanggal 25 Oktober 1942 batch pertama sepeda motor M72 dengan sidecar dikirim ke garis depan, ketika perang mulai membara di Eropa. Total 9.799 sepeda motor dan sidecar dikirimkan.

Quote:


Setelah perang usai, Soviet berencana melakukan produksi massal untuk M-72, pada 1950 pabrik baru untuk membuat sepeda motor M-72 dibuka di Kyiv Motorcycle Plant (KMZ) di Ukraina. Pada tahun 1952, 500 mesin M-72 dikirim dari Moskow untuk memungkinkan KMZ memproduksi batch pertama M-72 mereka. Di Ukraina, M-72 diproduksi massal mulai tahun 1958 - 1970. Namanya kemudian diganti menjadi Dnepr K-750.

Pada tahun 1957 produksi sepeda motor militer dialihkan sepenuhnya ke Kyiv. Pada saat yang sama pabrik Gorky ditutup dan peralatan produksi sepeda motor ditawarkan kepada China. Empat tahun kemudian, pada tahun 1961, China berhasil memproduksi sepeda motor mereka berkat peralatan yang didapat dari soviet.

Di sisi lain, antara M-72 buatan Soviet dan Dnepr K-750 buatan Ukraina punya sepesifikasi sama, keduanya ditenagai mesin 750 cc, tenaga maksimal 26 HP, tangki BBM 22 liter serta berat keseluruhan mencapai 350 kg (termasuk sidecar). Sejauh ini tidak diketahui berapa unit sepeda motor seri M-72 yang dipasangi sangkar, tetapi Ukraina dan Rusia punya banyak stok sepeda motor ini, dan kemungkinan mereka akan mengoptimalkan penggunaannya di medan perang.



-------------




Referensi Tulisan: B-Cozz
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 02-06-2024 11:41
bang.toyip
krukov
dodolaje
dodolaje dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.3K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan