Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Solo Bakal Menuju Kota Metropolitan Baru, Gibran Bilang Harus Penuhi Syarat Ini
Solo Bakal Menuju Kota Metropolitan Baru, Gibran Bilang Harus Penuhi Syarat Ini

- Minggu, 26 Mei 2024 | 21:28 WIB

 

 

Solo Bakal Menuju Kota Metropolitan Baru, Gibran Bilang Harus Penuhi Syarat Ini
Trans Jakarta menghubungkan Kota Solo dan daerah lain di sekitarnya. (M IHSAN/RADAR SOLO)
[/color]

RADARSOLO.COM – Perkembangan pesat Kota Solo digadang-gadang akan menuju kota metropolitan baruWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki konsep tersendiri soal ini. Yakni, adanya konektivitas yang baik terkait kepariwisataan, event, dan transportasi publik dengan daerah sekitar.
“Kita persiapkan yang terbaik. Sekolah yang memadahi, rumah sakit yang kini sudah banyak ter-update, transportasi terintegrasi, pelayanan publik yang baik,” terang Gibran, kemarin.

Gibran menilai bahwa metropolitan baru bisa terselenggara dengan baik jika terjadi bentuk-bentuk kerja sama dengan kabupaten-kabupaten lain di sekitar Solo.
Kerja sama itu bisa dilakukan dalam berbagai hal. Misalnya dari segi transportasi publik, kepariwisataan maupun pengadaan sejumlah event yang saling terkoneksi dengan baik.
 “Kerja sama dengan kabupaten sekitar itu wajib. Termasuk soal pengelolaan sampah,” terang dia.
Baca Juga: Wisata Klaten: Umbul Brondong, Mata Air yang Muncul dari Bawah Pohon Beringin Raksasa Berbentuk Buih-Buih
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Murtono mengungkapkan bahwa konsep metropolitan baru itu sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah Jangka Panjang Kota Solo 2024-2044 yang dirumuskan belum lama ini.
Tak hanya itu, Raperda Rencana Pembangunan Industri Kota Solo 2024-2044 yang sudah disahkan menjadi perda oleh DPRD Solo.
“Solo itu kan arahnya dibentuk sebagai kota penghubung untuk pertumbuhan Jawa Tengah. Jadi arah pembangunannya nanti juga sudah diarahkan melalui RPJPD. Dan blue print pembangunan industri di Perda Rencana Pembangunan Industri itu. Jadi sudah ada wacana ke arah sana (metropolitan baru, Red),” terang sekda.

Wacana Solo berpeluang tumbuh menjadi kota metropolitan baru bersama Kota Semarang muncul kali pertama dalam Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Tengah, 29 April lalu. Bersama dengan Kota Semarang, Kota Solo dipandang potensi untuk mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan seperti metropolitan. (ves/bun)


https://radarsolo.jawapos.com/solo/8...uhi-syarat-ini
itkgid
nge.we
agusn6778
agusn6778 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
383
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan