Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Apa yang Terjadi Jika China Serang Taiwan?
Apa yang Terjadi Jika China Serang Taiwan?

BEIJING, KOMPAS.com - Minggu ini, China dan Taiwan mengalami ketegangan. Hal itu karena China mengerahkan pesawat tempur dan kapal angkatan lautnya dalam latihan invasi ke Taiwan.
Tujuan lain juga sebagai bentuk kemarahan tehadap presiden baru Taipei. Karena itu, militer China secara terbuka mengatakan latihan perang dua hari tersebut dirancang untuk menguji kemampuan angkatan bersenjata dalam merebut kekuasaan.
Serta untuk menduduki wilayah-wilayah penting di sekitar Taiwan dan rangkaian pulau yang dikuasainya.

Sebagaimana diberitakan The Independent pada Jumat (24/5/2024), Presiden China Xi Jinping mengerahkan kekuatan militernya dalam upaya untuk mengintimidasi pemimpin baru Taiwan, Lai Ching-te.
Diketahui, pidato pertama Lai Ching-te setelah dilantik pada hari Senin yakni untuk mendesak China agar “menerima kenyataan” dari kemerdekaan de facto pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.
China memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai provinsi yang memisahkan diri, sementara Lai mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat menentukan masa depan mereka.

Meningkatnya aktivitas militer China di sekitar Taiwan diawasi dengan meningkatnya kekhawatiran dari seluruh dunia, dimana negara-negara tetangga di Asia-Pasifik mendesak keduanya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas.

Akankah China serang Taiwan?
Menurut intelijen AS, Presiden China telah menginstruksikan militer negaranya agar “siap pada tahun 2027” untuk menyerang Taiwan.
Otokrat berusia 70 tahun itu sebelumnya telah berjanji untuk memastikan Taiwan “bersatu kembali” dengan China daratan selama ia berkuasa
Xi juga mengatakan bahwa masalah masa depan pulau tersebut tidak dapat diwariskan dari generasi ke generasi.


Sementara Direktur CIA William Burns mengatakan, AS harus menanggapi keinginan Xi untuk menguasai Taiwan dengan “sangat serius”, bahkan jika konflik militer tidak dapat dihindari.
"Kami tahu, seperti yang telah dipublikasikan, bahwa Presiden Xi telah menginstruksikan PLA, pimpinan militer China untuk siap menyerang Taiwan pada tahun 2027, tetapi itu tidak berarti bahwa dia memutuskan untuk menyerang pada tahun 2027 atau tahun lainnya juga," kata Burns tahun lalu.
Banyak analis yang menyamakan antara invasi Vladimir Putin ke Ukraina dan aspirasi Xi dengan Taiwan.
Untuk saat ini, menurut Burns, perjuangan Rusia untuk mencapai kemajuan yang berarti dalam perang di Eropa meskipun memiliki keunggulan jumlah mungkin bisa menjadi penghalang bagi China.
 
Bagaimana Taiwan bertahan?
Tak lama setelah peringatan kepala CIA, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan bahwa Taipei menanggapi ancaman militer China dengan “sangat serius”.
"Saya pikir tahun 2027 adalah tahun yang perlu kita seriusi," kata Joseph Wu dalam wawancara dengan LBC.
Untuk itu, Taiwan meningkatkan anggaran pertahanannya pada 2024 hingga mencapai rekor $19,1 miliar, dan selain mengimpor senjata, Taiwan juga secara proaktif memperluas industri senjatanya sendiri, termasuk membangun kapal selam dan pesawat latih buatan dalam negeri.

Taiwan juga sedang mengembangkan korvet siluman ketiga dan keempat yang dirancang dan dibangun di dalam negeri untuk melawan angkatan laut China. 


In menjadi bagian dari strategi perang asimetris di mana kekuatan yang lebih kecil melawan lawan yang lebih besar dengan menggunakan taktik dan persenjataan yang canggih atau non-konvensional. 

sumber
0
150
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan