Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valmightyrebornAvatar border
TS
valmightyreborn
Hobi Pasang Foto Selfie di Medsos? CHECKMATE
Hobi Pasang Foto Selfie di Medsos? CHECKMATE


Yess checkmate ! Alias skakmat. You are doomed
Segera periksa medsos kalian hapus2in foto selfie dan data2 detail pribadi kalian di medsos sekarang juga detik ini juga.

Why ?

Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar anda cukup tonton video yg saya sematkan ini dan tidak perlu sampai habis. Tonton selama 4 menit anda sudah tahu sebabnya.

Yaa AI Artificial Intelligent.
Itulah sebabnya. Entitas super cerdas buatan manusia ini bukan hanya akan menggusur banyak lapangan kerja dan profesi manusia itu sendiri. Bahkan akan sangat canggih untuk tindak kriminal mengelabui dan memanipulasi identitas anda, tampilan anda dan detail pribadi anda.

Terlalu berlebihan ? Saya kembalikan ke pendapat anda

Curhat jujur saya pribadi punya firasat buruk sejak platform medsos dirilis unruk pertama kalinya, yaitu Facebook. Dalam sekejap melimpah user2 saling berlomba adu menampilkan foto2 selfie. Foto keluarga, anak. Sharing kegiatan pribadi, hobi, aktivitas harian, lingkaran kerabat, rutinitas pekerjaan yg semua saling adu update karena begitu banyak orang melakukannya (fomo).

Apakah itu salah ? Sekilas memang tidak krn banyak yg melakukannya. Tapi prinsip saya yg sudah mendalam menganut kalimat "ojo gumunan" petuah dari Sultan Agung Raja Mataram dahulu, firasat saya mengatakan ini aneh, ada yg tidak beres. Media sosial menjadi display pembobol tembok privasi dan lucunya kita sendiri yg membobol tembok itu bukan orang lain. Jika dahulu orang harus mengaduk2 tong sampah untuk mencari informasi pribadi kita melalui amplop2 bekas tagihan kartu kredit yg kita buang. Jika dahulu orang harus bertamu untuk bisa melihat album foto keluarga kita. Hari ini tidak, kita malah yg bersuka cita mengumbar itu ke seluruh dunia. Woow !!

Dan adalah AI, makhluk cerdas hari ini yg tugasnya bagai intelijen dan mata2 super terus belajar terus mengumpulkan informasi terus mengintai tak henti tak kenal lelah. Ibarat ada seorang pesakitan stalker (pengintai) yg posesif menguntit anda setiap jam menit detik mengumpulkan data pribadi, tampilan, hobi, relasi anda lalu berhasil mengenali referensi diri anda dg seutuhnya. Kira2 bagaimana perasaan anda diintai oleh orang seperti itu. Nyaman ? Aman ? Bangga ?

Dan AI bisa melakukan itu semua bukan krn mereka sebegitu cerdas tapi krn kita ceroboh! Kita terlalu happy finger mengunggah meng-up load segala hal tentang diri kita. Kita suka rela menyuapi AI. KITA TERBAWA SUASANA. Ibarat mencelupkan tangan kita sendiri di sungai amazon menunggu ikan piranha untuk "menyantapnya".

Saya ambil satu kutipan dari video itu ttg kemampuan AI dalam membuat video. Tanpa pemeran tanpa konten kreator hanya dg ketikan kalimat saja sebuah video dapat tercipta. Pernah dengar kasus2 penipuan yg bermodus telpon kecelakaan palsu ? Saya pernah sekali terima telpon anonim yg mengaku dokter dan mengabarkan sanak famili kecelakaan parah dan harus dioperasi. Meminta transfer jutaan uang untuk biaya operasi. Saya telpon famili yg bersangkutan tidak bisa krn telpon ybs diserbu random call hingga line busy. Dalam keadaan itu otak pun membeku dan panik seada2nya. Yg jadi pertanyaan dari mana mereka bisa mendapatkan nomor kontak saya dan famili saya sekaligus ?

Lalu hari ini ada AI !! Yg bisa membuat, memanipulasi berbagai jenis video dg berbagai data base termasuk kumpulan data pribadi kita. Jika modus kecelakaan tadi masih bisa saya curigai via telpon. Bayangkan jika sekarang mereka menyertakan video ???!!

Sorry to say. Inilah DISRUPSI. Alias Kiamat Nalar Manusia. Bukan realitas hiper lagi. Tetapi ULTRA HIPERREALITAS. Bukan kita lagi manusia yg menciptakan realitas ngadi2. Tapi MEDIA yg bergerak sendiri menciptakan itu semua.

Bukan sutradara lagi yg menciptakan film. Tapi AI sendiri yg bergerak.
Bukan production house lagi yg menciptakan iklan. Tapi Ai sendiri yg bergerak.
Bukan konten kreator lagi yg menciptakan konten. Tapi AI sendiri yg bergerak.
Bukan para kriminal lagi yg menyusun kejahatan. Tapi ANDA sendiri yg mensupport AI untuk membantu mereka.

Maka hari ini saya boleh bangga ketika medsos facebook, instagram saya konsisten bersih dari tebaran data pribadi, rutinitas dan foto2 keluarga saya di tengah medsos milik teman kerabat yg meriah oleh pesta tampilan2 data pribadi mereka. Firasat saya 17 tahun yg lalu terbukti.


Ojo Gumuman. Jangan lekas kagum. Jangan FOMO.
Don't be afraid of missing out. Maksimalkan nalar anda karena hanya tinggal itu pertahanan kita dari gempuran carut marut digital ini.

Karena anda tidak akan tahu cara kerja era baru ini, era medsos, era digital ini selama anda masih sebatas user dan konsumen, dan tidak memiliki pengetahuan mumpuni ttg digital dan programming yg merancang semua itu.

"Jika konsumen adalah raja maka industri adalah Kasparov" ~ ("Boombox Monger", Homicide)

Jangan ikuti sesuatu yg kita tidak ada pengetahuan ttg itu. Alih alih diri kita sendiri yg akan jadi bulan2an oleh mesin digital medsos dan AI bagai ternak yg dikait hidungnya. Bijaksanalah dg sosial media anda.


Salam merdeka pikir.

Diubah oleh valmightyreborn 23-05-2024 15:20
buluk.danube
indrag057
indrag057 dan buluk.danube memberi reputasi
2
410
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan