Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Krisis Kaledonia Baru Bak 'RI Tahun 1998', Mobil Dibakar-Toko Dijarah
Krisis Kaledonia Baru Bak 'RI Tahun 1998', Mobil Dibakar-Toko Dijarah

Jakarta, CNBC Indonesia - Kerusuhan pecah di Kaledonia Baru yang diwarnai oleh pembakaran kendaraan dan toko hingga memaksa pasukan keamanan melepaskan tembakan.
Kerusuhan tersebut meletus sejak Senin (13/5/2024) di Noumea, ibu kota teritori Prancis di Pasifik yang memiliki hak otonomi khusus, dan berlanjut semalaman hingga Selasa (14/5/2024).
Kerusuhan itu dipicu reformasi konstitusi yang sedang diperdebatkan di majelis nasional di Paris, dan bertujuan untuk memperluas jumlah pemilih dalam pemilihan provinsi di wilayah tersebut.


Sekelompok pengunjuk rasa mengambil alih beberapa titik lokasi dan menghadapi polisi, yang membalas dengan tembakan yang tidak mematikan, sementara komisaris tinggi wilayah tersebut mengatakan ada tembakan yang dilepaskan ke arah pasukan keamanan selama kerusuhan.
Pada Selasa, jalan-jalan di Noumea dipenuhi bekas bentrokan antara polisi dan perusuh. Lalu lintas diblokir oleh mobil-mobil yang terbakar dan tumpukan ban yang berasap.
"Kantor polisi terdekat terbakar dan sebuah mobil juga terbakar. Di depan rumah saya, terdengar teriakan dan ledakan tanpa henti. Saya merasa seperti sedang berperang," kata Sylvie, warga setempat.
"Kita sendirian. Siapa yang akan melindungi kita?" katanya kepada AFP, meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama depannya.
Sebanyak 36 orang ditangkap dan 30 petugas polisi terluka, menurut pihak berwenang, yang juga mengumumkan jam malam pada Selasa dan larangan pertemuan publik.
"Saya tidak bisa bicara," kata Joelle Vincent, pemilik bisnis supermarket. "Saya kecewa dan muak."
Pemadam kebakaran mencatat hampir 1.500 panggilan dan menghitung sekitar 200 kebakaran dalam kerusuhan semalam.
Setidaknya dua dealer mobil dan sebuah pabrik pembotolan di ibu kota Noumea dibakar dalam serangan pembakaran.

Penjarahan
Meskipun situasi tampak lebih tenang di beberapa bagian Noumea pada hari Selasa, masih terjadi bentrokan di pinggiran kota, di mana sebuah supermarket dijarah setelah dirusak pada malam hari.
Banyak tempat usaha lain yang juga mengalami percobaan pembobolan dan hanya sedikit toko yang buka. Antrean panjang terbentuk di depan beberapa yang masih buka.
Ratusan mobil dibakar, begitu pula lebih dari 30 tempat usaha, toko dan pabrik, menurut sekelompok perwakilan pengusaha.

Kelompok tersebut mengeluarkan seruan untuk tetap tenang dan mengatakan hampir 1.000 pekerjaan di pulau itu terancam akibat kerusuhan tersebut.
Jaringan transportasi umum di pulau itu juga telah terputus, dan maskapai penerbangan utama wilayah tersebut, Aircalin, mengumumkan bahwa mereka membatalkan semua penerbangannya pada hari Selasa.

"Saya merasa sedih," tutur Jean-Franck Jallet, pemilik toko daging yang berhasil diselamatkan petugas pemadam kebakaran dari kobaran api. "Saya kira kami (penduduk pulau) bisa hidup berdampingan, tapi ternyata tidak berhasil. Terlalu banyak kebohongan."

sumber
0
141
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan