Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Menhub Dorong Percepatan Penggunaan Bus Listrik Perkotaan Agar Kualitas Udara Bersih

Menhub Dorong Percepatan Penggunaan Bus Listrik Perkotaan Agar Kualitas Udara Bersih

Tingkatkan Kualitas Udara, Menhub Dorong Percepatan Penggunaan Bus Listrik di Perkotaan (Foto: BKIP Kemenhub)

Bro, Menhub Budi Karya Sumadi lagi dorong keras nih penggunaan bus listrik buat transportasi kota. Dia bilang gitu dalam acara Sustainable E-Mobility Event: Upscaling Bus Electrification Nationwide yang diadain sama Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia di Jakarta.

Menhub bilang, Kementerian Perhubungan selalu prioritasin transportasi yang rendah emisi buat bersihin udara. Makanya, dia mau banget akselerasi penggunaan bus listrik buat kota-kota.

Nah, katanya lagi, pemerintah juga komit banget turunin emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sesuai sama Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2020 – 2024.

Lebih lanjut, Menhub jelasin soal Perpres Nomor 79 tahun 2023 yang udah ada tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Berdasarkan itu, Kementerian Perhubungan lagi buat rencana buat ngimplementasi E-Mobility buat transportasi umum berbasis BRT di Indonesia.

Dia juga cerita soal kota-kota yang udah pake bus listrik, kayak Bandung dan Surabaya. Tapi, masih ada tantangan banget, misalnya dukungan dari Pemda masih kurang dan juga soal infrastruktur buat ngecharge bus listrik.



Menhub juga sadar kalo beli kendaraan listrik mahal banget, bisa dua kali lipat lebih mahal dari yang konvensional. Dia harap ITDP atau pihak lain bisa riset buat cari solusi soal baterai yang harganya terjangkau.




0
117
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan