Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Waspada ! 15 Gempa Dan Abu Vulkanik Dari Gunung Semeru


Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, erupsi dengan 15 gempa dan letusan abu vulkanik tadi pag, Selasa, 14 Me 2024. (Foto: PVMBG)

Gunung Semeru mulai erupsi, bro! Ada letusan abu vulkanik dan 15 gempa tadi pagi. Gunung yang ada di perbatasan Kabupaten Lumajang sama Malang, Jawa Timur, kebari meletus dengan abu vulkanik setinggi 600 meter di atas puncak pada Selasa (14/5) pagi.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Sigit Rian Alfian, bilang soal ini. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa, 14 Mei 2024 pukul 04.56 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak atau 4.276 meter di atas permukaan laut," ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 14 Mei 2024.

Aktivitas gunung yang tingginya 3.676 mdpl itu pada Selasa pukul 00.00 - 06.00 WIB tercatat ada 15 kali gempa letusan/erupsi. Tercatat juga, amplitudonya 12-23 mm dengan lama gempa 81-133 detik.

Kemudian, kata Sigit, ada satu kali gempa guguran dengan amplitudo 4 mm dan lama gempa 62 detik, serta enam kali gempa hembusan dengan amplitudo 2-5 mm, dan lama gempa 43-62 detik.

Gunung Semeru ini emang terkenal aktif, guys. Jadi nggak heran kalau ada letusan dan gempa. Tapi tetep aja, kita semua harus waspada.

Buat yang tinggal di sekitar situ, hati-hati ya. Jangan sampai kena dampak abu vulkanik atau bahaya lainnya. Stay safe, everyone!

Erupsi ini jadi pengingat buat kita semua kalau alam itu powerful banget. Jangan lupa buat update terus info dari BMKG atau pos pengamatan gunung setempat.

Semoga semuanya aman dan nggak ada dampak yang parah dari erupsi ini. Kita doain aja yang terbaik buat warga sekitar Gunung Semeru.

Pokoknya, selalu waspada dan ikuti arahan dari pihak berwenang. Jangan panik, tapi tetep siap siaga.



Nantikan info lanjutan dari petugas pos pengamatan atau instansi terkait biar kita tahu perkembangan terbaru soal erupsi Gunung Semeru ini. Keep safe, guys!




0
24
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan