Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Pabrik Sepatu BATA Tutup, Netizen Bernostalgia Masa SD!
Pabrik Sepatu BATA Tutup, Netizen Bernostalgia Masa SD!
Sumber Gambar

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup Setelah 30 Tahun Beroperasi

Pabrik sepatu Bata di Purwakarta, Jawa Barat, yang telah beroperasi selama 30 tahun, akhirnya ditutup. Keputusan ini diumumkan oleh manajemen melalui Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEK) pada tanggal 30 April 2024. Berikut beberapa poin penting terkait penutupan pabrik tersebut
:
1. Alasan Penutupan:
o Permintaan pelanggan terhadap produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun.
o Kapasitas produksi pabrik melebihi kebutuhan yang dapat diperoleh dari pemasok lokal di Indonesia.
o PT Sepatu Bata Tbk mengalami kerugian selama empat tahun terakhir, terutama setelah pandemi Covid-19 pada tahun 2020 yang memengaruhi perilaku konsumen.

2. Data Keuangan:
o Pada tahun 2023, BATA mencatat penjualan neto sebesar Rp 609,61 miliar, lebih rendah 5,26 persen dibandingkan tahun 2022.
o Rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat 79,65 persen YoY menjadi Rp 190,29 miliar pada 2023.

Meskipun penutupan pabrik ini merupakan keputusan yang sulit, manajemen mengakui bahwa kondisi bisnis dan permintaan pasar telah berubah secara signifikan. Pabrik sepatu Bata akan tetap dikenang sebagai bagian dari sejarah industri sepatu di Indonesia.

Sepatu merk Bata sering kali menjadi ikon nostalgia bagi banyak orang, terutama bagi yang telah melewati masa sekolah dasar (SD). Di masa lalu, sepatu Bata adalah salah satu pilihan utama untuk sepatu sekolah yang tahan lama dan terjangkau. Setiap tahunnya, saat memasuki awal tahun ajaran baru, banyak anak-anak yang bersemangat mendapatkan sepatu Bata sebagai bagian dari perlengkapan sekolah mereka.

Sepatu Bata tidak hanya menjadi alat yang fungsional, tetapi juga menciptakan rasa kebanggaan tersendiri bagi pemakainya. Desainnya yang sederhana namun elegan, serta kualitas material yang baik, membuat sepatu ini menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang tua dan anak-anak. Setiap langkah yang diambil dengan sepatu Bata memberikan rasa percaya diri dan kebanggaan tersendiri, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari kenangan masa SD.

Selain itu, sepatu Bata juga memiliki beragam varian desain dan model yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pemakainya. Mulai dari sepatu formal untuk acara-acara sekolah, hingga sepatu olahraga yang nyaman untuk kegiatan fisik di lapangan. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, setiap anak dapat menemukan sepatu Bata yang cocok untuk gaya dan aktivitas mereka di sekolah.

Tidak hanya di lingkungan sekolah, sepatu Bata juga menjadi bagian dari kisah-kisah petualangan di luar jam pelajaran. Setiap goresan, noda, dan kelelahan pada sepatu Bata menyimpan cerita-cerita berharga tentang persahabatan, petualangan, dan pembelajaran di masa kecil. Maka tidak heran jika sepatu Bata sering kali menjadi benda yang dipertahankan dan dikenang bahkan setelah puluhan tahun berlalu.

Kesimpulannya, sepatu merk Bata telah mengukir kenangan dan nostalgia yang mendalam bagi banyak orang yang telah mengenakannya di masa SD. Di balik fungsinya sebagai alas kaki, sepatu Bata membawa makna yang lebih dalam sebagai simbol dari petualangan, persahabatan, dan pembelajaran di masa kecil yang tak terlupakan.

Sumber valid (baca yang benar): Link Referensi
CoZiA
rianda26
gabener.edan
gabener.edan dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3K
171
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan