Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
KIP Kuliah DIminta Penerimaan Oleh Kemendikbud yang Ekonomi Mampu Mundur


KIP Kuliah DIminta Penerimaan Oleh Kemendikbud yang Ekonomi Mampu Mundur


Kemendikbud Minta Penerima KIP Kuliah yang Ekonomi Mampu Mundur (Foto: Puslapdik)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meminta mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang telah mampu secara ekonomi untuk mengundurkan diri, sehingga dapat digantikan oleh mahasiswa yang lebih membutuhkan.

Pemberitaan tentang gaya hidup mewah mahasiswa penerima KIP Kuliah telah menjadi perbincangan hangat di media sosial belakangan ini. Hal ini menarik perhatian Kemendikbud Ristek.

Salah satu mahasiswi penerima KIP Kuliah, dengan inisial CMJ dari Universitas Diponegoro (Undip), menjadi sorotan setelah memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial. Menanggapi hal tersebut, Utami Setyowati, Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip, menjelaskan bahwa awalnya CMJ memenuhi syarat sebagai penerima KIP Kuliah.

Namun, ketika CMJ memutuskan menjadi konten kreator, dia mulai mendapatkan penghasilan dari konten yang dibuat di media sosialnya. Kemudian, tindakan lanjut telah dilakukan, termasuk pemanggilan dan survei ke tempat tinggal CMJ yang diduga menerima KIP Kuliah.

Selain mahasiswa Undip, netizen juga menduga bahwa ada beberapa mahasiswa lain dari Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Pancasila Jakarta yang menerima KIP Kuliah meskipun secara ekonomi mereka mampu.

Kemendikbud Ristek telah meminta universitas-universitas untuk melakukan evaluasi setiap semester terhadap penerima KIP Kuliah. Jika ada mahasiswa yang tidak memenuhi syarat lagi, perguruan tinggi dapat menghentikan bantuan tersebut. 

Kemendikbud Ristek mengatur bahwa jika ada penerima KIP Kuliah yang tidak lagi memenuhi kriteria, seperti dalam kasus CMJ yang viral saat ini, maka dapat digantikan oleh mahasiswa lain yang lebih membutuhkan.

Kemendikbud Ristek juga telah berkomunikasi dengan mahasiswa Undip yang menerima KIP Kuliah, tetapi memiliki latar belakang ekonomi yang mampu. Jadi, jika ada penerima KIP Kuliah yang awalnya berasal dari keluarga tidak mampu, tetapi kondisinya sudah lebih baik, mereka disarankan untuk mengundurkan diri.


Sumber : Link Referensi

0
101
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan