indoheadlinesAvatar border
TS
indoheadlines
Syawalan dengan Kupat baik, Tradisi di Pedurungan Sejak 1950-an



Tradisi Syawalan di beberapa daerah Indonesia cukup unik. Salah satunya di wilayah Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang dimana ada sajian khas bernama kupat baik.

Kupat baik namanya terkesan vulgar, tapi hidangan ini merupakan simbol rasa syukur dan kesederhanaan. Makanan ini dijuluki kupat baik karena disajikan dengan cara dibelah dan di tengahnya diberi isian berupa tauge dan sayur-sayuran.

Pada Rabu (17/4), tradisi Syawalan kupat baik digelar di sejumlah kampung di Pedurungan, sisi timur Kota Semarang. Salah satunya di Masjid Rhoudotul Muttaqin, Kampung Jaten Cilik.

Selepas subuh, suara kembang api dan tawa anak-anak riuh terdengar di kampung Jaten Cilik. Sementara itu ibu-ibu mulai menata sejumlah nampan berisi kupat baik dan lepet.


Setelah dua jenis makanan khas Syawalan itu didoakan, takmir masjid memanggil anak-anak yang sudah menunggu untuk diberi kupat baik dan uang.

"Ini lebaran anak-anak juga, membuat mereka senang. Jadi memang digelar seminggu setelah Idul Fitri untuk tradisi Syawalan," kata Imam Masjid Roudhotul Muttaqin di Kampung Jaten Cilik, Munawir, Rabu (17/4/2024) pagi.

Setelah anak-anak itu menerima pembagian kupat baik dan uang di masjid, terdengar suara tiang listrik diketuk berkali-kali. Anak-anak itu pun berhamburan menuju sumber suara.

Ternyata, tak jauh dari tiang listrik itu ada sejumlah warga yang juga membagikan kupat baik dan uang lain. Mereka membuat bunyi-bunyian dengan mengetuk pagar atau tiang, kemudian anak-anak datang menggeruduk, sebagian saling berebut.

Munawir mengatakan tradisi tahunan Syawalan ini dimulai sejak tahun 1950-an, ketika warga Pedurungan pulang dari pengungsian di Demak dan Grobagan setelah perang kemerdekaan.

Pada masa itu, kata Munawir, warga masih kesulitan ekonomi sehingga Syawalan dirayakan seadanya dengan ketupat dan sayur tauge. Saat itu warga memukuli alat masak untuk mengundang anak-anak.

"Yang mengungsi dari timur kembali ke sini. Setelah Lebaran ada Lebaran Syawalan, karena kesederhanaan, warga sini membunyikan alat masak untuk memanggil anak-anak untuk diberi ketupat itu," ujar Munawir.


"Menurut Mbah Haji Samin, kakek saya, (ketupat) isinya hanya sambal kelapa dan tauge. Dulu nggak ada namanya, hanya ketupat yang dibelah tengahnya. Kemudian orang-orang menamai itu, ada yang (menamai) kupat rambut, kupat baik," sambung dia.

Salah satu anak di Kampung Jaten Cilik, Hasyid (10) mengaku senang dengan tradisi Syawalan di kampungnya. "Saya nggak dapat ketupatnya, tapi dapat uang. Senang," ucap dia.

Berbeda dengan tradisi Syawalan di Jaten Cilik yang ditingkahi dengan anak-anak kecil berlarian kesana kemari, di Gang 2 Pedurungan Tengah, kupat baik dan uang dibagikan secara teratur. Tampak anak-anak berbaris di gang yang sempit.

Anak-anak itu berbaris mengunjungi warga yang sudah menyiapkan ketupat dan juga uang. Tak hanya anak-anak, ada juga beberapa remaja dan ibu-ibu yang ikut antre dalam barisan.

"Ini sudah ada sejak dulu, tradisi Syawalan di daerah sini. Ada yang memandu di sini, kalau rebutan kasihan yang anak-anak," ujar Ketua RW 1 di Gang 2 Pedurungan Tengah, Wasi Darsono.

Baca artikel detikfood, "Syawalan dengan Kupat baik, Tradisi di Pedurungan Sejak 1950-an" selengkapnya https://food.detik.com/berita-boga/d...sejak-1950-an.



Silakan baiknya kaka...
Jir disensor

Diubah oleh indoheadlines 18-04-2024 07:38
kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
197
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan