4574587568Avatar border
TS
4574587568
China Serukan Hal Ini Usai Iran Serang Israel


Jakarta -
China menyampaikan keprihatinannya terhadap eskalasi usai serangan Iran Terhadap Israel. China berharap para pihak terkait dapat menahan diri demi mengurangi ketegangan lanjutan.
Dilansir BBC, Minggu (14/4/2024), china menyerukan 'pengendalian diri' dalam menyikapi konflik usai serangan tersebut. Cina menyatakan pihaknya "sangat prihatin dengan eskalasi yang terjadi saat ini", dan menambahkan bahwa pihaknya meminta "pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari peningkatan ketegangan lebih lanjut".
Diketahui, China memiliki hubungan diplomatik dan ekonomi yang erat dengan Iran, sementara AS dalam sepekan terakhir telah menyerukan Beijing untuk mendesak Tehran atau Ibu Kota Iran agar tidak melancarkan serangan balasan terhadap Israel.

Namun, para pejabat AS secara pribadi mengatakan mereka tidak melihat bukti bahwa Tiongkok telah memberikan tekanan terhadap Iran, menurut laporan Financial Times. 


Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Islam Iran di Jakarta sebelumnya menjelaskan sejumlah alasan militer negaranya menyerang Israel. Salah satunya untuk membalas serangan yang dilakukan Israel di wilayah Suriah dan Damaskus pada awal bulan ini.


Kedubes Iran menekankan langkah penyerangan terhadap Israel merupakan pembelaan sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB, dan reaksi dari serangan berulang-ulang yang dilakukan Israel hingga menyebabkan pejabat militer Iran tewas.
"Pada hari ini (14 April 2024) angkatan bersenjata Republik Islam Iran dalam menjalankan hak wajarnya untuk membela diri seperti yang diatur dalam Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sebagai tanggapan pembalasan terhadap agresi militer berulang-ulang rezim Zionis, di mana menyebabkan kesyahidan para penasihat militer resmi Iran yang secara resmi hadir di Suriah atas undangan pemerintah Suriah dan beraktivitas di sana," tulis Kedubes Iran dalam siaran pers, Minggu (14/4/2024).
Kedubes Iran di Jakarta kemudian menjelaskan bahwa negaranya patuh pada prinsip Piagam PBB. Juga, tambahnya, patuh terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

Kedubes Iran di Jakarta menegaskan pemerintahnya mempertahankan kedaulatan wilayah dan kepentingan nasional negaranya dari agresi Israel. Ditekankan lagi, penyerangan terhadap Israel adalah bentuk pembelaan diri Iran.
"Begitu juga Iran menegaskan tekad tegasnya untuk mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan nasionalnya terhadap berbagai bentuk penggunaan ilegal kekuatan dan agresi. Tindakan defensif Republik Islam Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri," terang Kedubes Iran.
Kedubes Iran di Jakarta juga menyebut serangan terhadap Israel merupakan bentuk tanggung jawab Iran terhadap perdamaian di kawasan. Iran menilai Israel telah melakukan serangan genosida dan serangan ilegal terhadap Palestina dan negara-negara-negara sekitar lainnya.

"Menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina dan agresi militer terhadap pemerintah negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluaskan api peperangan terus dilakukan oleh rezim Zionis," terang Kedubes Iran.

Di sisi lain, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan dukungan teguh negaranya untuk Israel setelah rentetan serangan drone dan rudal Iran menghujani sekutunya tersebut. Namun demikian, Biden menegaskan Washington tidak mendukung segala bentuk serangan balasan Israel terhadap Iran.
Seperti dilansir CNN dan Axios, Minggu (14/4/2024), penegasan itu disampaikan oleh Biden saat berbicara via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu pada Sabtu (13/4) waktu AS atau Minggu (14/4) waktu Israel, setelah serangan udara Iran menghujani wilayah Israel.
Saat berbicara kepada Netanyahu via telepon, Biden "menegaskan kembali komitmen teguh Amerika" terhadap keamanan Israel.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya -- mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak bisa secara efektif mengancam keamanan Israel," ujar Biden.
Namun menurut sejumlah pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya, Biden juga menegaskan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi serangan apa pun terhadap Iran, dan tidak akan mendukung operasi semacam itu.

sumber
anonymous987
jackaz
Tonythompson94
Tonythompson94 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan