kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Belum Sah Jadi Presiden, Prabowo Sudah Safari Ke Luar Negeri Bertemu Xi Jinping


Belum Sah Jadi Presiden, Prabowo Sudah Safari Ke Luar Negeri Bertemu Xi Jinping Hingga Anwar Ibrahim

TEMPO.COJakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tengah menuai sorotan publik setelah melakukan kunjungan ke beberapa negara. Dalam sepekan terakhir, Prabowo tercatat sudah berkunjung ke luar negeri mulai dari Cina, Jepang hingga Malaysia.

Meski belum resmi menjabat, Prabowo yang diumumkan sebagai Presiden terpilih sudah bertemu dengan sejumlah petinggi negara. Berikut adalah deretan pemimpin dunia yang telah ditemui Prabowo. 

Prabowo melawat ke Cina pada Senin, 1 April 2024 atas undangan dari Presiden Cina Xi Jinping. Pertemuan ini menjadi kunjungan resmi pertama Prabowo sebagai Presiden terpilih. Keduanya bertemu di the Great Hall of the People untuk membahas sejumlah hal, terutama yang berkaitan dengan kerjasama Indonesia-Cina.

Pada pertemuan bilateral ini, Xi dan Prabowo membahas hubungan Cina-Indonesia, kereta cepat Jakarta-Bandung, kemitraan strategis hingga pengentasan kemiskinan. Xi pun berharap agar kerjasama antara kedua negara semakin kuat di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto. 

“Perubahan dunia semakin cepat dalam satu abad terakhir. Cina ingin menjaga hubungan erat dengan Indonesia dan memperkuat kerja sama di masa mendatang," kata Presiden Xi Jinping dalam pernyataan resmi pada Senin, 1 April 2024.

Setelah bertemu Xi Jinping, Prabowo  keesokan harinya bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang. Di hari terakhir kunjungannya ke Beijing, Selasa, 2 April 2024, ia juga bertemu Menteri Pertahanan Admiral Dong Jun. 

Fumio Kishida

Setelah Cina, Prabowo melanjutkan lawatannya ke negeri sakura. Di Tokyo, dia bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Rabu, 3 April 2024. Dalam pertemuannya itu, Prabowo menginginkan kerja sama keamanan dan ekonomi yang lebih dengan Jepang. 

“Kami telah membangun hubungan kerja sama dan ke depan saya ingin memperkuatnya,” kata Prabowo kepada Kishida dalam pertemuan di Tokyo dilansir dari Reuters. 

Selain itu, Kishida dan Prabowo membahas masalah-masalah regional seperti situasi di Laut China Timur dan Laut Cina Selatan, penanggulangan isu-isu terkait Korea Utara termasuk program nuklir, peluncuran rudal, penculikan, serta keadaan di Myanmar. Keduanya menegaskan komitmen untuk terus bekerjasama dalam menangani hal-hal tersebut.


Setelah berjumpa dengan Kishida, Prabowo juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara di Tokyo. 

Anwar Ibrahim

Malaysia merupakan destinasi ketiga yang didatangi oleh Prabowo dalam serangkaian perjalanan luar negerinya setelah Cina dan Jepang. Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, menerima kunjungan kehormatan dari Prabowo Subianto, pada Kamis, 4 April 2024. 

Pada pertemuan di Putrajaya, kedua pemimpin tersebut berbagi pengalaman dan bertukar pandangan mengenai karir masing-masing. Mereka juga membahas upaya untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

“Perjalanan karir politik kami yang nyaris sama ketika diuji dengan berbagai tantangan sebelum dilantik, juga menjadi perbincangan santai selain diselingi kisah Prabowo saat melanjutkan studi dan pendidikan menengah di Victoria Institution (VI) Kuala Lumpur,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Anwar juga memberikan ucapan selamat dan doa untuk kesuksesan Prabowo dalam pelantikan sebagai Presiden Indonesia ke-8. Ia juga mengungkapkan harapannya agar persahabatan antara kedua negara tetangga tersebut terus berlanjut dengan baik dan semakin kuat demi kepentingan bersama.

Setelah bertemu dengan Anwar Ibrahim, Prabowo juga menghadiri pertemuan tertutup dengan Menteri Pertahanan Mohamed Khaled Nordin.


sumber

bagus dah gan, jadi nanti setelah pak prab dilantik cina jepang dan malaysia bisa langung bekerja membantu pembangunan IKN emoticon-thumbsup
Diubah oleh kushkoos 05-04-2024 10:26
tritomchan
agus774
kakekane.cell
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
431
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan