bahlil.bahlulAvatar border
TS
bahlil.bahlul
Dekati Rp 16 Rb Per Dollar AS, Nilai Tukar Rupiah Jatuh ke Level Terendah dalam 4 Thn


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kian melemah pada Selasa (2/4/2024). Bahkan, kurs mata uang Garuda jatuh ke level terendah dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Melansir data Bloomberg, pada Selasa pagi hari, kurs rupiah terhadap dollar AS melemah sekitar 0,5 persen ke level Rp 15.963. Ini merupakan posisi terendah rupiah sejak April 2020.

Pelemahan rupiah terjadi seiring dengan aksi jual surat utang negara yang dilakukan oleh investor asing.ngakak

Tercatat pada kuartal pertama tahun ini nilai aliran modal asing keluar mencapai 1,7 miliar dollar AS, tertinggi sejak kuartal III-2020.

Aksi jual itu dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap arah kebijakan fiskal yang akan diambil oleh calon presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Pelaku pasar khawatir, berbagai janji yang disampaikan oleh Prabowo akan menekan kemampuan belanja negara, sehingga mengganggu kinerja obligasi.


"Kami melihat tekanan jangka pendek timbul dari penguatan dollar, lemahnya sentimen terhadap obligasi Indonesia, dan kuatnya permintaan dolar dalam negeri," ujar Head of FX and EM Macro Strategy Asia Barclays Plc, Mitul Kotecha, dilansir dari Bloomberg, Selasa.

Investor asing disebut akan menyoroti perkembangan kinerja neraca transaksi berjalan Indonesia pada kuartal pertama tahun ini.

Untuk diketahui, hingga pengujung tahun lalu, transaksi berjalan RI mengalami defisit 1,6 miliar dollar AS.

Selain dari dalam negeri, sentimen pelemahan rupiah datang dari AS. Indeks dollar AS terpantau berada dalam tren penguatan, seiring dengan sinyal dipertahankannya suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve.

"Sentimen terhadap valuta asing Asia termasuk rupiah telah terbebani oleh kekhawatiran terkait kemungkinan The Fed memperlambat pelonggaran tahun ini mengingat data perekonomian AS yang kuat," ucap Ahli strategi valuta asing di Maybank Singapura, Alan Lau.

https://money.kompas.com/read/2024/0...terendah-dalam




Oke gas.. Oke gas.. Yang penting joget.. emoticon-Malu (S)

GIF




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh bahlil.bahlul 02-04-2024 08:59
mnotorious19150
bukan.bomat
rpm12345678
rpm12345678 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
779
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan