amekachiAvatar border
TS
amekachi
Boikot Black Armada! Dubes Australia: Australia Pendukung Terkuat Republik Indonesia












Sumber Gambar



Aksi Boikot Black Armada! Duta Besar Australia untuk Indonesia: Australia Pendukung Terkuat Republik Indonesia!

Hubungan antara Indonesia dengan negara tetangganya sendiri, Australia memang naik-turun ya gansist. Bahkan untuk sampai sekarang masih banyak warganet menyalahkan negara kangguru tersebut akan ikut campurnya mereka saat di provinsi termuda Timor Timur dulu, yang sekarang akhirnya menjadi sebuah negara bernama Timor Leste.

Namun dalam sejarahnya, negara ini sebenarnya sangat berjasa untuk Indonesia lho gansist dengan jasa yang tak main-main. Hubungannya hampir mirip seperti bertetangga secara individual manusia, yang selalu support walaupun kita dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.


Quote:





Dalam perjanjian gencatan senjata Renville Australia mengirim hakim Richard Kirby dan Tom Critchley mengusahakan sebaik mungkin untuk Indonesia, namun tetap dilanggar Belanda dengan melakukan agresi militernya yang kedua pada Desember 1948. Frustasi dengan sikap Belanda, Australia tak patah arang. Kemudian mereka galang dukungan untuk Indonesia di sebuah konferensi bersama Jawaharlal Nehru di India.

Australia juga menentang Beel Plan yang diprakarsai oleh Louis Beel untuk membuat Belanda mengembalikan pemerintahan Hindia Belanda tanpa mengikutkan kemerdekaan Indonesia, sampai pada Australia ikut bersama-sama negara di dunia menekan Belanda hingga ke kesepakatan Roem-Roijen, Roem dibantu Tom Critchley sampai pada kemenangannya di tanggal 5 Juli 1949. Merujuk pada artikel Australia dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia dari situs 70yearsindonesiaaustralia.com.


Quote:





Australia adalah salah satu pendukung kemerdekaan Indonesia yang paling awal dan terkuat. Hubungan antara kedua negara telah terjalin sejak zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia. Penny, seorang duta besar Australia untuk Indonesia, dalam pernyataannya mengungkapkan apresiasi dan komitmen Australia dalam mendukung Indonesia.

Kedekatan Australia dengan Indonesia bukan hanya sekedar retorika, namun terbukti dalam tindakan nyata. Dalam perjalanan sejarah, Australia telah memberikan dukungan yang signifikan dalam proses kemerdekaan Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, Australia menjadi salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia dengan segera, bahkan sebelum beberapa negara besar lainnya.


Quote:





Sumber Gambar

Dalam hal ini, penting bagi Indonesia untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan Australia. Dukungan Australia dapat menjadi modal penting dalam mencapai kemajuan dan kesuksesan Indonesia di tingkat global.

Namun demikian, hubungan kedua negara tidak lepas dari tantangan dan perbedaan. Penting bagi kedua negara untuk terus melakukan dialog dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Kedekatan historis antara Australia dan Indonesia menjadi fondasi kuat bagi kedua negara untuk terus bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Pada kesempatan tersebut, Penny juga menyampaikan harapannya untuk terus bekerja dengan Indonesia sebelum waktu dinas penugasannya berakhir. Hal ini menunjukkan komitmen Australia dalam menjaga hubungan baik dengan Indonesia.

Australia adalah pendukung terkuat Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan dan dalam pembangunan negara. Hubungan bilateral ini perlu terus diperkuat dan dijaga agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua negara. Dengan menjaga hubungan yang baik dan saling mendukung, Australia dan Indonesia dapat membangun masa depan yang lebih baik.


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
benche87
indrastrid
ardjoenalara
ardjoenalara dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan