iskrimAvatar border
TS
iskrim
Waspada! 5 Kejahatan Bulan Ramadan Dan Lebaran Ini Bisa Jadi Meningkat!


Seolah terulang, tindak kejahatan cenderung meningkat disaat lebaran dan selama lebaran. Terkosentrasinya manusia di tempat keramaian seperti terminal hingga rumah kosong ditinggal pemilik rumah mudik pulang kampung.

Meskipun bulan Ramadan ini seharusnya dipenuhi dengan ibadah, kebaikan tapi tindak kejahatan masih saja terjadi. Kalau saya rangkum dan amati beberapa contoh kejahatan yang sering terjadi selama bulan puasa dan lebaran Idul Fitri bisa antara lain:

PERTAMA

Pencurian dan Penipuan
Karena orang-orang yang berpuasa mungkin lemah karena kelaparan dan haus, pencurian, pencopetan menjadi lebih umum. Orang-orang cenderung kurang waspada terhadap lingkungan sekitar mereka, dan pencuri bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Sedangkan kasus Penipuan seringkali ada peningkatan kasus penipuan misal dalam bentuk amal palsu, penjualan barang palsu, atau tawaran palsu yang bertujuan untuk mengambil keuntungan dari orang-orang yang sedang dalam suasana hati yang baik.

KEDUA

Perjudian. Maraknya perjudian saat ini seperti ada pembiaran sehingga judi online sangat digemari dari kaum bawah sampai kelas atas. Beberapa orang mungkin mencari cara untuk mengisi waktu luang mereka selama bulan puasa, dan aktivitas perjudian bisa menjadi pilihan bagi sebagian dari mereka. Ini dapat mengarah pada kerugian finansial dan bahkan konflik antarindividu.



KETIGA

Pemalsuan. Selama bulan puasa, barang-barang palsu seperti makanan, minuman (termasuk yang sudah expired), atau bahkan uang bisa menjadi masalah. Orang-orang yang ingin memanfaatkan situasi dapat memalsukan produk dan menjualnya kepada orang-orang yang kurang waspada atau membelanjakan uang palsu ditengah keramaian.

KEEMPAT

Kekerasan Rumah Tangga hingga Pelecehan Seksual. Bagi segelintir orang bulan puasa juga dapat memicu stres dan ketegangan tambahan di rumah tangga. Kurangnya asupan makanan dan air dapat mempengaruhi suasana hati seseorang, yang dapat meningkatkan risiko kekerasan dalam rumah tangga.

Sedangkan pelecehan seksual itu bisa terjadi karena ada orang akan memanfaatkan situasi yang lemah atau keadaan ketidakberdayaan untuk melakukan pelecehan seksual terhadap orang lain, terutama di tempat-tempat sepi bahlan di keramaian seperti pasar atau tempat ibadah.

KELIMA

Korupsi. Korupsi sepertinya tidak mengenal waktu, dan bulan puasa bukanlah pengecualian. Bahkan, ada kemungkinan bahwa beberapa individu atau entitas akan mencoba memanfaatkan keadaan ini untuk melancarkan aksi korupsi yang lebih mudah tanpa pengawasan yang ketat atau demi mendapat keuntungan besar dikala orang membutuhkan barang sembako menjelang lebaran tiba.


Meskipun bulan puasa merupakan waktu untuk meningkatkan keimanan dan kebaikan, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa individu atau kelompok dapat mencoba memanfaatkan situasi ini untuk mencapai keuntungan pribadi atau melanggar hukum. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap waspada dan menjaga keamanan dan keimanan diri serta lingkungan selama bulan puasa.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah Opini | img : Gugel  


Diubah oleh iskrim 28-03-2024 09:34
adolfsbasthian
mimimaw
gaygene
gaygene dan 5 lainnya memberi reputasi
6
270
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan