iskrimAvatar border
TS
iskrim
Puasa Bikin Berat Badan Turun, Hoaks Ataukah Fakta? Ini yang Benar!


Ada yang mensangkut pautkan puasa katanya bisa membuat berat badan turun, tentu ini jadi cara yang bagus selain ibadah juga lancar tapi badan jadi lebih kuyusan, lebaran tampil beda! Tapi benarkah demikian, hoaks ataukah fakta?

Apa yang pernah saya baca, berpuasa memang dapat menyebabkan penurunan berat badan pada beberapa orang, tetapi itu tidak selalu terjadi dan bukanlah suatu jaminan. Ingat tidak ada jaminan! Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi apakah seseorang akan kehilangan berat badan selama puasa Ramadan seperti sekarang ini.

Pertama, jika seseorang mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang saat berbuka dan sahur, mereka mungkin tidak kehilangan berat badan secara signifikan. Namun, jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak atau gula, atau jika seseorang makan berlebihan saat berbuka, mereka mungkin mengalami peningkatan berat badan.

Selain itu, aktivitas fisik juga memainkan peran penting. Jika seseorang tetap aktif selama bulan puasa, mereka mungkin dapat menjaga berat badan mereka atau bahkan mengalami penurunan berat badan karena pembakaran kalori yang lebih tinggi.



Tapi, jika seseorang menjadi kurang aktif selama bulan puasa, sehari-hari kerjaannya hanya rebahan (karena tidur pun dinilai ibadah selama bulan Ramadan) dan menghabiskan lebih banyak waktu istirahat, mereka mungkin tidak mengalami penurunan berat badan yang berarti.

Selain faktor makanan dan aktivitas fisik tadi, ada juga karena faktor genetika dan metabolisme individu dapat mempengaruhi apakah seseorang akan kehilangan berat badan selama puasa Ramadan atau tidak.

Beberapa orang mungkin memiliki metabolisme yang cepat dan cenderung kehilangan berat badan lebih mudah, sementara yang lain mungkin memiliki metabolisme yang lambat dan sulit kehilangan berat badan bahkan tidak terpengaruh samasekali.



Jadi, apakah puasa Ramadan membuat berat badan turun adalah tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda. Untuk beberapa orang, itu mungkin benar, tetapi untuk yang lain, itu mungkin tidak terjadi.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, tetap aktif, dan memperhatikan kebutuhan tubuh selama bulan puasa untuk menjaga kesehatan dan berat badan yang optimal. Setuju, gan?





Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah Opini | img : Ai  


Diubah oleh iskrim 24-03-2024 09:29
ufo60
herisukasuka
oyestekno.com
oyestekno.com dan 11 lainnya memberi reputasi
12
806
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan