mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Tidak Sampai 24 Jam, Jokowi Kembali ke Jakarta usai Tinjau Korban Banjir Demak


Tidak Sampai 24 Jam, Jokowi Kembali ke Jakarta usai Tinjau Korban Banjir Demak
Presiden Jokowi kembali ke Jakarta tidak sampai 24 jam berada di Demak, Jumat 22 Maret. (Antara)
Bagikan:

   
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Jakarta tidak sampai 24 jam berada di Demak, Jawa tengah (Jateng), Jumat 22 Maret.

Mengutip Antara, Presiden dan rombongan bertolak ke Jakarta menumpang Pesawat Boeing 737-400 TNI AU dari Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, sekitar pukul 12.45 WIB.

Pada Jumat 22 Maret, Presiden Joko Widodo mengunjungi posko pengungsian warga terdampak banjir di SMK Ganesa Demak, Kabupaten Demak, Jateng.

Dalam keterangannya usai kunjungan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sejumlah langkah diperlukan untuk mengatasi banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Demak.

Hujan ekstrem yang terjadi menyebabkan tanggul tidak mampu menampung air yang mengakibatkan kerusakan dan genangan air di sekitar rumah warga.

Namun, saat ini menurut Presiden perbaikan tanggul di daerah tersebut telah dilakukan.

"Tadi malam yang lebar itu yang jebol 15 meter tadi malam jam 1 sudah tertutup, selesai dikerjakan selama 4 hari berturut-turut siang malam," kata Presiden.

Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk mengurangi curah hujan ekstrem dengan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Adapun berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak dari Jakarta menuju Semarang menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU. Presiden beserta rombongan mendarat sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat 22 Maret.

Sesaat setelah turun dari pesawat, Presiden beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Demak untuk meninjau lokasi terdampak banjir.
https://voi.id/berita/367614/tidak-sampai-24-jam-jokowi-kembali-ke-jakarta-usai-tinjau-korban-banjir-demak

Tinjau Korban Banjir Demak, Jokowi Dorong Pemda Lakukan Perencanaan Jangka Panjang

Penulis: Bella Evanglista Mikaputri | Editor: DM
Joko Widodo.
Joko Widodo. (Antara/Sigid Kurniawan)
Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau korban banjir di SMK Ganesa, Demak. Berdasarkan hasil tinjauan, Presiden mengakui curah hujan di Demak memang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan tanggul tidak dapat menampung debit air, Jumat (22/3/2024).

"Hujannya sangat ekstrem karena hujan ekstrem itu 150 milimeter Di sini sudah 238 milimeter. Sangat ekstrem sekali sehingga tanggul yang ada tidak muat dan menggerus menyebabkan jebol tanggulnya. Tadi malam yang lebar itu, yang jebol 15 meter jam 01.00 sudah ditutup, selesai dikerjakan selama 4 hari berturut-turut siang malam," ujar Jokowi.


Presiden Jokowi berharap curah hujan dapat menurun seiring dengan upaya teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan.

"Kita harapkan awan di atas yang telah dilakukan TMC bisa digeser ke arah laut. Ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Demak dan sekitarnya. Lalu yang ketiga, ini (debit air) sudah turun dari 2 meter. Tadi mendapatkan laporan hampir semuanya sudah setengah meter, 50 cm, tetapi apa pun itu tetap mengganggu aktivitas sehingga nanti akan lakukan pemompaan," lanjut Presiden.

Selain curah hujan yang tinggi, Jokowi juga mengatakan, penumpukan sedimen di dasar tanggul turut menjadi penyebab robohnya tanggul.

"Semua waduk, semua sungai itu problemnya selalu sedimentasi. Kenapa itu terjadi karena tidak dihambat di hulunya, tanaman banyak banyak yang ditebang. Problemnya semua di situ," kata Jokowi.

Terkait bantuan bagi masyarakat terdampak, Jokowi mengatakan kerusakan rumah dan fasilitas umum akan dilakukan peninjauan terlebih dahulu. Sementara itu, untuk penanganan selanjutnya, Presiden Jokowi akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan perencanaan mitigasi jangka panjang.

"Nanti Kementerian PUPR cek di lapangan bersama BNPB. Termasuk yang tanamannya rusak nanti akan diberi bibit lagi dari Kementerian Pertanian. Nanti (penanganan jangka panjang) Pemda itu. Penanaman kembali, penghutanan kembali, pengalihan lahan memang harus tetap dilakukan," pungkas Jokowi.
https://www.beritasatu.com/nusantara/2806547/tinjau-korban-banjir-demak-jokowi-dorong-pemda-lakukan-perencanaan-jangka-panjang


Ganjar Meluncur Temui Pengungsi Banjir di Demak: Sampai Ketemu Ya Lur


Ganjar Pranowo akan bertolak ke Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/3) ini bertemu para pengungsi banjir. (CNN Indonesia/Ausirio Ndolu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan bertolak ke Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/3) ini. Ganjar berniat menemui pengungsi banjir yang melanda wilayah itu sejak Rabu (13/3).
"Kemanusiaan di atas segalanya. Siang nanti saya akan menemani saudara-saudara pengungsi banjir di Karanganyar, Demak," tulis Ganjar melalui akun sosial media X (Twitter) @ganjarpranowo, Jumat.

"Sampai ketemu ya lur," imbuhnya.

Pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meninjau sejumlah titik banjir di Demak. Jokowi menilik posko pengungsian di SMK Ganesa Demak.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan hujan ekstrem menjadi penyebab tanggul jebol. Pemerintah menurutnya telah berupaya melakukan perbaikan tanggul. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) juga dilakukan sebagai upaya mitigasi.

Kabupaten Demak dilanda banjir sejak Rabu pekan lalu. Banjir terjadi setelah enam tanggul jebol akibat deras. Banjir juga sempat melanda Demak dan sekitarnya pada awal Februari.

Terkini, BNPB mencatat masih ada enam kecamatan di wilayah Kabupaten Demak masih terendam banjir hingga Kamis (21/3). Ketinggian banjir sudah turun menjadi 50 centimeter dari yang sebelumnya 2 meter

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240322141813-20-1077734/ganjar-meluncur-temui-pengungsi-banjir-di-demak-sampai-ketemu-ya-lur.

perkembangan banjir di Demak yang ditengok Presiden Jokowi dan Ganjar
simsol...
maniacok99
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
788
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan