Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Ajakan Boikot Produk-produk Afiliasi Israel Picu Bengkaknya Angka Pengangguran
Ajakan Boikot Produk-produk Afiliasi Israel Picu Bengkaknya Angka Pengangguran Lulusan Sarjana di Indonesia

18 March 2024



SHNet, Jakarta-Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah, mengatakan sekitar 12 persen pengangguran di Indonesia saat ini didominasi oleh lulusan sarjana dan diploma. Angka ini dipastikan akan semakin bertambah dengan adanya ajakan-ajakan boikot terhadap produk-produk afiliasi Israel yang menutup peluang kerja terhadap para lulusan Sarjana dan Diploma ini.

Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjuddin Noer Effendi menyayangkan adanya ajakan-ajakan boikot seperti itu yang akhirnya merugikan para anak-anak bangsa. “Kasihan para orangtua yang sudah dengan susah payah keluar uang besar untuk menguliahkan anak-anak mereka kalau akhirnya menganggur karena sulitnya mencari pekerjaan. Apalagi dengan ditambah lagi ajakan-ajakan boikot ini, mau kemana para lulusan sarjana kita kalau banyak perusahaan yang tutup,” ujarnya.

Dia mengutarakan, di UGM tempatnya mengajar saja sebanyak 12.000  mahasiswa yang diwisuda setiap tahunnya. Belum lagi di universitas-universitas lainnya.

Sementara, dengan 5% pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, itu hanya bisa menyerap sekitar satu juta per tahun. Sedangkan angkatan kerja Indonesia yang masuk ke pasar kerja setiap tahunnya itu mencapai dua setengah juta. “Itu berarti kita setiap tahun menciptakan 1,5 juta pengangguran, dan 12 persennya itu adalah lulusan sarjana. Apalagi dengan ajakan-ajakan boikot itu, mau kemana para lulusan sarjana kita ini nantinya,” tuturnya.

Untuk mengandalkan perusahaan-perusahaan lokal dan UMKM saja untuk menampung jutaan pengangguran sarjana di Indonesia, menurutnya, itu mustahil. “Yang ada akan semakin banyak orang-orang Indonesia yang mengadu nasib untuk bekerja di luar negeri terutama para mahasiswa yang pintar-pintar. Apalagi beberapa negara sekarang mengalami kekurangan pekerja seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Hongkong. Apa itu yang diinginkan bangsa ini,” ucapnya.

Jadi, pemerintah juga harus bisa mengantisipasi lonjakan pengangguran ini, apalagi dengan adanya isu-isu boikot tersebut. “Jadi, tugas pemerintah itu bukan hanya mendidik anak bangsa saja, tapi juga harus mampu menyalurkan apa yang mereka akan dapat ke dalam bidang-bidang pekerjaan,” tukasnya.

Karenanya, dia menghimbau agar pihak-pihak yang menyerukan ajakan boikot terhadap produk-produk afiliasi Israel itu bisa melihat dampaknya terhadap para mahasiswa di Indonesia. “Kasihan kan orangtua mereka yang mengharapkan anak-anaknya bisa bekerja setelah  menjadi sarjana tapi akhirnya menganggur karena semakin sedikitnya perusahaan yang menerima mereka kerja,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi Indonesia siapapun itu untuk menolak prusahaan asing selama perusahaan itu tidak melanggar kedaulatan dan tidak mengganggu kedaulatan Indonesia. “Mereka kan membawa modal ke Indonesia dan menciptakan peluang kerja, apa alasan ditolak?  Kan nggak punya alasan kita untuk menolaknya?” kata Tadjuddin mempertanyakan pihak-pihak yang melakukan ajakan boikot.  

Jadi, dia melihat apa yang dilakukan dengan ajakan-ajakan boikot itu cuma fanatisme semata dan tidak ada kaitannya dengan agama. “Karena, perusahaan masuk ke Indonesia itu tidak membawa ajaran apa pun, hanya ingin berinvestasi saja. Sementara, kita mau menciptakan lapangan pekerja, butuhkan investasi,” tandasnya.

“Kenapa itu terjadi? Karena pandangan masyarakat kita terlalu fanatis sekali dan tidak pernah berpikir secara rasional. Seperti agama, kita mau menjalankan agama, menjalankan saja lah agama kan. Tapi kalau ada investasi yang mau masuk, mau menciptakan peluang kerja, kan nggak ada kaitannya dengan agama. Tapi kenapa selalu dikaitkan agama?” tegasnya. (cls)

https://www.sinarharapan.net/ajakan-...-di-indonesia/

Udahlah, jgn terlalu munapig lah jd org emoticon-Malu (S)



Mending tiru Prindapan aja
Diubah oleh Novena.Lizi 19-03-2024 15:25
aldonistic
koploplondo972
danusetyo
danusetyo dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan