ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Media Asing Soroti Anies yang Terlalu Vokal soal Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Fakta-fakta media asing soroti calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan yang dianggap terlalu vokal soal rencana menggugat hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Media asing telah menyoroti niat Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, untuk mengajukan pengaduan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia yang berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, diyakini telah memenangkan Pilpres 2024 berdasarkan hasil perhitungan dari berbagai lembaga serta perhitungan sementara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hasil tidak resmi menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto … memenangkan pemilu pada 14 Februari dengan hampir 60% suara. Komisi pemilihan nasional diperkirakan akan mengumumkan pemenang resmi pada 20 Maret,” demikian tulis Reuters dalam artikel berjudul “Indonesia’s Anies plans to contest election results in top court”.

Reuters juga melaporkan bahwa Anies, mantan Gubernur Jakarta, mengumumkan niatnya untuk mengajukan pengaduan setelah hasil resmi diumumkan, meskipun ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Langkah ini diambil seiring persiapan partai-partai pendukung Anies dan calon presiden lainnya, seperti capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, yang bersiap untuk melakukan penyelidikan oleh parlemen terhadap dugaan pelanggaran pemilu oleh pemerintah sebelum hari pemungutan suara.

“Meskipun Mahkamah Konstitusi biasanya menangani sengketa pemilu, DPR mempunyai kewenangan untuk menyelidiki kebijakan pemerintah atau pelaksanaan peraturan tertentu dan dapat memeriksa perilaku pejabat publik, termasuk presiden,” tambah laporan tersebut.


Foto: Twitter/@aniesbubble

Media Jepang, Nikkei Asia, juga melaporkan bahwa Anies berencana untuk mengajukan pengaduan setelah hasil resmi Pilpres diumumkan, mengkritik apa yang disebutnya sebagai kurangnya netralitas negara dalam proses pemilu.

Anies sebelumnya telah mengkritik apa yang ia sebut sebagai “penyimpangan” pada bulan-bulan menjelang pemilu, termasuk distribusi bantuan sosial secara besar-besaran di daerah pemilihan utama seperti Jawa Tengah.

Malay Mail juga menyoroti kecurigaan Anies terhadap hasil Pilpres, yang didukung oleh Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3.

“Langkah ini dilakukan ketika partai-partai pendukung Anies dan calon presiden lainnya, Ganjar Pranowo, bersiap melakukan penyelidikan oleh parlemen atas perilaku pemerintah menjelang hari pemungutan suara dan dugaan pelanggaran pemilu,” tulis Malay Mail.

Portal analisis dan opini politik internasional, The Diplomat, juga melaporkan hal serupa, menyoroti peluang bagi Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3, untuk bergabung dengan Anies dalam mempertanyakan hasil Pilpres 2024.

The Diplomat mencatat bahwa Ganjar juga sedang berupaya mendorong penyelidikan di parlemen terkait hasil Pilpres yang berlangsung pada Februari 2024.

“Kedua kubu kampanye yang kalah kini mengajukan serangkaian keluhan terhadap pelaksanaan pemilu tanggal 14 Februari,” demikian bunyi laporan The Diplomat.

Semangat deh Pak Anies, kan bisa nyoba 5 tahun lagi..

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Sumber: Link Referensi


koploplondo972
simsol...
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan