Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
5 Komponen Wajib Ganti Buat Motor Umur 5 Tahun Atau Lebih (Biar Gak Jajan Banyak!)


Motor sekarang ini menjadi salah satu alat transportasi utama yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama di perkotaan. Motor menjadi populer karena kemudahan penggunaannya, biaya yang lebih terjangkau, dan kemampuannya untuk melewati jalan-jalan yang sempit dan ramai.

Saking populernya motor menjadi multifungsi bukan saja mengantar manusia tapi juga barang sebagai alat usaha seperti ojek online atau angkutan umum di beberapa daerah sehingga terkadang perawatannya kurang diperhatikan secara teratur.



Supaya motor tetap prima, aman dan nyaman dikendarai serta awet maka beberapa komponen motor jika sudah berumur 5 tahun atau lebih menurut saya wajib diperhatikan kondisinya atau menggantinya sekalian. Antara lain:

Pemeriksaan atau penggantian bagian kaki-kaki. Periksa kondisi suspensi motor, termasuk per keempatnya (depan belakang), shockbreaker. Ganti jika ditemukan kebocoran, keausan, reboundnya mulai keras, ambles berlebihan, atau kerusakan lainnya.

Periksa atau penggantian bagian sistem Rem. Komponen sistem pengereman seperti kampas rem, cakram, dan selang rem, tuas rem juga perlu diperiksa dan diganti jika diperlukan. Pastikan kampas rem masih memiliki ketebalan yang mencukupi dan tidak ada tanda-tanda kebocoran atau aus pada selang rem dan tuas rem bekerja dengan baik.



Periksa atau penggantian bagian penghubung roda seperti rantai dan gir atau vbelt motor yang mengalami keausan seiring waktu dan pemakaian. Periksa tegangan rantai, keausan gir, vbelt yang mulai retak atau getas. Sebaiknya langsung di ganti sudah terlalu aus atau mengalami kerusakan.

Periksa atau penggantian bagian kedua ban dam velgnya. Ban motor yang sering menerima gesekan diberbagai permukaan jalan pasti memiliki batas umur pakai sekitar 5-7 tahun tergantung pada pemakaian dan kondisi bannya serta amati tekanan udaranya. Sedangkan velg yang retak, gompal, tidak bulat sempurna wajib hukumnya segera dilakukan penggantian.



Periksa atau penggantian bagian pengapian mulai dari lampu-lampu yang mati, perkabelan yang tua getas, busi, aki, klakson mati.

Tambahan lain yang harus periksa atau dilakukan pembersihan adalah bagian tangki motor, filter udara, komponen mesin, karet-karet, bagian komponen low maintenance, busa jok motor, sampai kelengkapan kaca spion menurut saya perlu disegarkan lagi.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel, Ai  



ciecieeeeeeee
oyestekno.com
septcember
septcember dan 10 lainnya memberi reputasi
11
845
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan