si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
TNI AU Persiapkan Super Hercules Untuk Misi Airdrop Logistik di Gaza
Quote:


Sesuai arahan pemerintah, TNI AU kini mulai mempersiapkan misi airdropuntuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza menggunakan pesawat C-130J-30 Super Hercules. Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui pesawat. Sementara itu, kapan tepatnya pelaksanaan airdrop tersebut belum dipublikasikan.

Mengutip artikel Kementerian Pertahanan RI, pada Jumat (08/03/2024) dilakukan simulasi pengiriman bantuan ke Gaza memakai pesawat Super Hercules. Dalam simulasi tersebut pesawat dengan kode registrasi A-1339 dari Skuadron Udara 31 menjatuhkan paket yang dilengkapi parasut di Lanud Iswahjudi, Magetan. Acara simulasi tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi. Selain menyaksikan simulasi airdrop, Menteri Pertahanan dan Presiden juga meninjau pesawat tempur F-16C/D, F-16AM/BM serta pesawat latih T-50i Golden Eagle.

Aidrop dikenal juga sebagai Parachute Cargo Delivery System, merupakan sistem pengiriman kargo memakai parasut untuk mengantarkan barang atau peralatan dari udara ke darat. Sistem ini digunakan untuk mengirim kargo ke wilayah yang sulit dijangkau oleh transportasi darat, seperti wilayah terpencil, zona perang, atau daerah bencana.

Quote:


Mengutip informasi indomiliter.com, Super Hercules bisa membawa maksimal 6 palet kargo 463L standar NATO. Ini adalah palet kargo udara yang digunakan pesawat transportasi militer seperti C-130. Palet memiliki panjang 274,32 cm dan lebar 223,52 cm. Untuk berat kargo maksimal yang dibawa adalah 4.536 kg.

Untuk parasut yang digunakan dalam misi airdropTNI AU memakai jenis G-12E/AS, merupakan parasut Cargo Delivery System (CDS). Menurut artikel di website TNI AU, parasut G-12E/AS telah diguanakan dalam latihan dropping zone di AWR Takalar, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Latihan tersebut telah dilaksanakan pada bulan Februari lalu. Kemungkinan parasut ini akan digunakan dalam misi airdrop di Gaza.

Quote:


Keluarga besar Hercules dirancang khusus untuk bisa melakukan misi airdrop, tak heran jika Yordania dan Amerika mempercayakan misi airdrop ke Gaza memakai pesawat ini. Di sisi lain, Indonesia telah menerima 4 unit Super Hercules, dari total 5 yang dipesan. Belum diketahui pesawat mana nanti yang akan dipilih untuk terbang ke Gaza. Sementara itu, ditunjuknya Si Anak Baru (Super Hercules) menunjukkan jika pesawat ini terus memainkan peran penting dalam rangka mendukung misi kemanusiaan.



----------




Referensi Tulisan: Kementerian Pertahanan RI, TNI AU& indomiliter.com
Sumber Foto: sudah tertera
dfirmansyah
69banditos
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan