hugomaranAvatar border
TS
hugomaran
3 Komitmen Penting dalam Hidup Seseorang

Komitmen Dalam Hidup Seseorang


Terima kasih atas senyum manis yang selalu Agan dan Sista persembahkan kepada dunia hari ini. Dengan senyuman yang paling tulus akan membawa berkah melimpah dalam hidup. Dan sudah menjadi kodratnya manusia. Senyuman terbaik merupakan komitmen besar dalam diri kita sendiri. Selamat membaca.



Komitmen dalam hidup merupakan suatu hal wajar yang mesti masing-masing kita miliki. Dengan memiliki komitmen dalam diri seseorang, maka seseorang tersebut akan dengan mudah memilih jalan hidupnya. Entah itu persoalan yang sifatnya sementara atau persoalan jangka panjang dalam urusan kehidupan.


Dan, menurut pemikiran pribadi saya. Komitmen itu tidak semuanya didasari pada usia seseorang. Seperti biasanya dikatakan oleh orang lain. Bahwasanya komitmen itu khusus pada diri orang -orang yang sudah dewasa. Tapi lagi lagi hal itu menurut saya tidak benar. Karena komitmen itu merupakan perbuatan yang langsung berhubungan dengan prinsip diri seseorang. Dengan demikian, komitmen tidak berpatokan pada usia. Melainkan semua orang sudah memiliki hal ini dalam dirinya.


Dengan demikian. Komitmen dalam hidup bagi diri seseorang sangatlah perlu diperjelas dalam diri masing-masing kita. Tanpa terpengaruh terhadap orang sekitar atau lingkungan. Apakah komitmen itu perlu? Mari simak beberapa poin yang merupakan cara pandang saya pribadi terhadap komitmen itu sendiri.



1. Dengan Komitmen, Kita Menjadi Pribadi Yang Tahu Diri



Komitmen dalam diri seseorang sangatlah berpengaruh besar dalam penentuan memaknai kehidupan dirinya sendiri. Karena komitmen itu hal baik atau sebaliknya yang murni melekat dalam dirinya sendiri. Jadi apapun itu, sudah jelas menjadi pribadi yang berkomitmen maka pribadi kita dapat mengukur diri kita sendiri. Bagaimana kita mampu atau tidaknya dalam menjalani kehidupan.


Sebab seseorang tanpa komitmen dalam dirinya maka pribadi tersebut akan hidup dalam bayang-bayang ketidakjelasan untuk berpikir, serta mampu menghantarkan dirinya pada sebuah tujuan, misalnya dalam bekerja. Jika pribadinya memiliki komitmen maka akan dengan tekun bekerja hingga mendapatkan hasil yang baik. Namun, ketika tidak memiliki komitmen dalam diri. Maka pekerjaan akan tidak jelas. Dan selalu lari dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain.


2. Dengan Komitmen, Kita Tidak Selalu Dituntun Oleh Orang Lain



Komitmen dalam diri kita merupakan sebuah tindakan yang tidak dapat terukur oleh apa dan siapapun. Semuanya murni lahir dari karakter diri kita. Di dalam kehidupan, kita mesti memiliki tujuan yang jelas. Memiliki target pencapaian yang jelas. Dengan komitmen tentunya segala sesuatu yang berkaitan dengan diri sendiri tidak bisa dirubah oleh diri orang lain. Selebihnya kita sudah memiliki kesiapan diri kita untuk menjalani hidup. Apapun konsekuensi dari pada apa yang sudah menjadi komitmen merupakan murni tanggung jawab besar diri kita sendiri.


Hidup di dunia ini, ketika kita selalu mengharapkan orang lain yang menjadi kontrol terhadap diri kita. Maka sampai kapanpun kita tidak akan berkembang. Dan tidak memiliki kapasitas diri yang jelas yang kemudian nantinya dijadikan sebagai contoh oleh generasi penerus kita.


3. Dengan Komitmen, Kita Menjadi Pribadi Yang Bertanggung Jawab, Serta Memiliki Tujuan Hidup Yang Jelas



Hal mendasar dimulainya komitmen itu sendiri merupakan suatu alur panjang dalam hidup seseorang. Tanpa adanya paksaan dari diri orang lain. Tidak ada keuntungan yang kemudian menjadi milik orang lain. Maka berbahagialah ketika kita memiliki komitmen teguh dalam diri.


Pencapaian dari setiap komitmen kita, sudah tentunya menjadi sesuatu kebanggaan terhadap diri kita. Kita akan lebih mengenal siapa sesungguhnya diri kita. Kekurangan atas apa yang sudah menjadi target dari diri kita dalam melakukan sesuatu. Akan menghantarkan kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan sesuatu pekerjaan. Dengan demikian kita akan selalu terus menjaga apa yang sudah kita tekuni. Dan tidak lagi merasakan kesusahan dalam menangani setiap apa yang kita kerjakan.


Komitmen dalam hidup itu beraneka ragam. Dari hal-hal prinsip mengenai pekerjaan, perilaku hidup dan berbagi macam. Termasuk pada akhirnya kita dapat berkomitmen bagaimana kita menjalani kehidupan dengan orang lain. Misalnya ketika kita memilih berkeluarga. Kita sudah dengan sendirinya tahu bagaimana mengatur setiap langkah kehidupan kita kedepan. Dengan komitmen kita sendiri. Kita dapat menentukan dengan siapa kita hidup dan bagaimana mewujudkan rencana baik dalam hidup kita. Senantiasa bahagia dengan sesuatu yang sudah menjadi karakter diri kita. Selebihnya biarkan Tuhan meluruskan jalan berkelok dan berbatu yang akan kita jumpa disetiap perjalanan hidup kita masing - masing. Terima kasih pembaca yang baik.


Sumber Gambar : Unsplash.Com


Ditulis oleh :@hugomaran
Diubah oleh KS06 29-06-2020 02:27
tatikartini
reinkarnasidulu
ormarr
ormarr dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan