ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
IPW Laporkan Ganjar Pranowo ke KPK atas Dugaan Korupsi

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan eks Direktur Utama Bank Jateng inisial S dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Indonesia Police Watch (IPW).

Ganjar Pranowo pun dilaporkan atas dugaan korupsi di Bank Jateng. Hal itu disampaikan oleh Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso pada Selasa, 5 Maret 2024.

Penasaran dengan sosok IPW melaporkan Ganjar Pranowo ke KPK atas dugaan korupsi? Berikut rangkumannya.

Sugeng Teguh Santoso mengatakan bahwa Ganjar dan S dlaporkan atas dugaan penerimaan gratifikasi atau suap berupa cashback dari perusahaan asuransi.

“IPW melaporkan dugaan penerimaan gratifikasi dan/atau suap yang diterima oleh direksi Bank Jateng dari perusahaan-perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan jaminan kredit kepada para kreditur Bank Jateng,” kata Sugeng Teguh Santoso.

Adapun nilai cashback itu pun diduga sekitar 16 persen yang dibagikan untuk tiga pihak. Rincian 5 persen untuk operasional Bank Jateng 5,5 persen untuk pemegang saham Bank Jateng yang terdiri dari pemerintah atau kepala daerah, dan 5,5 persen untuk pemegang saham pengendali Bank Jateng.

“Yang diduga adalah kepala daerah jawa tengah dengan inisial GP,” lanjut Sugeng.

Bahkan Sugeng juga menduga bahwa perbuatan yang dilakukan dalam kurun waktu 2014-2023 dengan nominal total gratifikasi diduga lebih dari Rp100 miliar.

Sugeng pun menjelaskan pemegang saham pengendali Bank Jateng adalah Gubernur Jateng yang dalam periode itu dijabat oleh Ganjar Pranowo. Karena itu, ia pun melaporkan Ganjar ke KPK.


Foto: Antara

Menanggapi hal itu, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa laporan itu akan ditindaklanjuti dengan diverifikasi.

“Setelah kami cek, betul ada laporan masyarakat dimaksud. Kami segera tindak lanjuti dengan verifikasi lebih dahulu oleh bagian pengaduan masyarakat KPK,” kata Ali.

Sementara itu, TPN Ganjar-Mahfud Imam Priyono pun mempersilahkan jika ada yang ingin melaporkan ke KPK. Ia pun menyampaikan bahwa selama ini Ganjar selalu mengedepankan transparansi.

“Pada prinsipnya dalam kepemimpinan Mas Ganjar selalu mengedepankan transparansi dan antikorupsi. Jadi dugaannya silakan dibuktikan saja, dan kami berharap tidak ada kepentingan politik di dalamnya,” tambahnya.

Saya sih cuma pengen ngomong satu kata buat  Pak Ganjar Pranowo...

Semangat..... Dah gitu aja

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast



thecrawler
bukan.bomat
bukan.bomat dan thecrawler memberi reputasi
2
884
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan