terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Buku Apa Yang Paling Berbahaya Di Dunia?
emoticon-UltahHallo Gansisemoticon-Ultah



Agan pasti bertanya – tanya, emang ada buku yang berbahaya? Apa alasannya hanya buku namun bisa berbahaya?
Cekidot!!!


     
Pada tahun 1898, Marie Curie dan suaminya Pierre menemukan polonium dan radium, menjadikannya salah satu pionir terpenting dalam bidang radioaktivitas. Pada masa itu, radioaktivitas belum sepenuhnya dipahami, sehingga Marie dan Pierre menyimpan sampel senyawa tersebut di kantong baju mereka dan dengan santai memegangnya. Meskipun demikian, mereka mengenakan jas lab standar.


   
Marie Curie meninggal karena anemia aplastik, sebuah konsekuensi dari terlalu banyak terpapar radiasi. Namun, sebelumnya, dia telah memenangkan dua Penghargaan Nobel, satu dalam bidang fisika dan satu lagi dalam bidang kimia.

Setelah kematiannya, kediaman Marie Curie tetap digunakan oleh Institut Fisika Nuklir, sebelum akhirnya ditinggalkan pada tahun 1978. Namun, buku-buku catatan milik Curie dipindahkan ke Bibliotheque Nationale (Perpustakaan Nasional) dan tetap disimpan di sana hingga sekarang. Buku-buku ini memiliki ukuran 10 x 15 cm dan dilengkapi dengan sampul keras. Isi buku-buku ini ditulis tangan dalam bahasa Prancis dan berisi metode percobaan, hasil eksperimen, dan sketsa.




polonium


radium

Menariknya, buku-buku ini harus disimpan dalam kotak khusus yang terbuat dari timbal untuk mencegah radiasi yang dapat mengkontaminasi barang dan orang di sekitarnya. Semua barang milik Marie yang terkontaminasi, termasuk buku-buku ini, akan tetap bersifat radioaktif selama 1500 tahun. Buku jurnal Marie telah dipantau oleh Aurora Health Physics Services untuk mengetahui jenis dan tingkat kontaminasi yang dimilikinya.



Alasan mengapa buku-buku catatan Marie Curie dianggap sebagai buku-buku paling berbahaya di dunia bukanlah karena pengetahuan yang terdapat di dalamnya, melainkan karena buku-buku tersebut masih bersifat radioaktif hingga saat ini.

Jika agan ingin meminjamnya agan harus menandatangani pengabaian atau mendatangani sebuah perjanjian. Agan hanya boleh membacanya di ruang membaca spesial yang terpisah dari ruang baca yang lain, agan harus memakai baju pengaman, dan agan harus menggunakan pemantauan kontaminasi selama dan setelah membacanya. Ribet banget kan gan Cuma pengen baca buku doang???


   
Faktanya gan, buku tersebut tidak semematikan itu, menurut salah seorang peneliti, bahkan jika agan secara rutin membaca buku itu dalam setahun, agan hanya akan terpapar radiasi 10µSv pada seluruh tubuhmu, yang setara dengan radiasi yang agan dapat dalam perjalanan pulang dari Inggris ke Spanyol.
Namun, diantara buku -buku yang ada di dunia ini, buku radioaktif milik Marie Curie merupakan buku paling berbahaya di dunia.



Buku tidak menjadi berbahaya karena apa yang tertulis di dalamnya karena buku tidak dapat membunuh orang. Oranglah yang melakukan tindakan tersebut, sementara buku hanya digunakan sebagai alasan atau alat.

Jadi gimana gan masih mau bikin perjanjian buat minjem tuh buku? kalo TS mah mau buat buku kamasutra ajaemoticon-Wowcantik
 

THX GAN UDAH MAMPIR> BYEEEemoticon-Traveller

     Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?

Jarang Kedengeran! Padahal Hewan ini Paling Jago dan Tangguh di Dunia 


Spoiler for Sumber dan Referensi:






















Gttkaca2
pengennyusu
caerbannogrbbt
caerbannogrbbt dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.9K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan