terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Kebakaran Tersembunyi Bawah Tanah yang Diam-Diam Mengancam Manusia!
emoticon-UltahHallo Gansisemoticon-Ultah



     
Gansis tau nggak sih ternyata di bumi kita ini ada kebakaran hutan yang nggak padam-padam walaupun udah disiram bahkan sampai berlangsung berhari-hari yang ternyata apinya nggak cuma di permukaan tanah aja tapi menjalar di bawah tanah yang gelap. Pasti agan dan sista penasaran kan kenapa bisa ada kebakaran yang tersembunyi di bawah tanah?
Cekidot !!!





Jadi gini gan, kebakaran yang sembunyi di bawah tanah ini terjadi di lahan yang terbentuk dari material organik atau tanaman yang sudah mati tapi nggak membusuk sempurna dan menumpuk sampai ribuan tahun sampai berlapis – lapis. Ketika terbakar kandungan organik yang sangat banyak ini jadi semacam bahan bakar yang bikin apinya nggak mati – mati dan bisa sampai ke dalam tanah, jadinya nggak kelihatan dan makin susah buat dipadamkan. Lahan ini namanya lahan gambut!

Di Indonesia banyak daerah yang rentan kebakaran gambut bahkan ditahun 2022 lahan gambut seluas 4 kali pulau bali kira – kira 25.000 km[sup]2 [/sup]terbakar dan dampaknya asap kebakaran hutan nggak cuman bikin langit jadi serem tapi juga ke manusia.



      
Jadi kayak yang dialmin sama ibu Deti yang tinggal di desa mantangai hulu,
Kalimantan tengah. Dia sampai harus pisah sementara dari ketiga anaknya gara – gara infeksi saluran pernapasan (ISPA). Katanya kayak kerasa ada ular yang menggerogoti dadanya, ketika dicek ternyata gan paru – paru bu Deti sudah penuh sama titik – titik putih yang merupakan tanda bahwa ia selama ini menghirup asap beracun. Ngerinya lagi gan, asap kebakaran gambut bisa nyebar sampai jauh ke negeri tetangga lewat dalam tanah yang menjalar semakin luas. Oke, pertanyaan besarnya, kenapa kebakaran gambut bisa terjadi?


    
Yaapp gansis udah nggak aneh lagi pelaku utamanya yaitu manusia. Lahan gambut sering dianggap nggak bernilai dan diubah menjadi kebun sawit, karet, akasia dan lain – lain. Nah gansis biar bisa ditanemin lahan gambut yang aslinya punya kandungan air yang tinggi yaitu 80 – 90% harus dikeringin dulu. Tapi masalahnya gan lahan gambut yang kering ini gampang banget kebakar apalagi ada krisis iklim juga yang bikin suhu bumi jdi makin panas. Dan yaaa bahkan seringkali lahan gambut dibakar supaya lahannya bersih dan siap buat ditanemin.



Terus enggak cuman asapnya, kebakaran lahan gambut juga bisa bikin bumi kita jadi makin panas karena ngehasilin gas – gas karbon dioksida yang merupakan gas pelaku utama penyebab krisis iklim, gas metana yang 21 kali lipat lebih menahan panas dibanding karbon dioksida, dan berbagai gas rumah kaca lainnya. Lahan gambut yang terbakar di Indonesia ngelepasin sekitar 624 juta ton emisi karbon pada tahun 2019 yang bikin krisis iklim makin parah yang dampaknya lagi bisa ngelelehin es di kutub seukuran 3 kali provinsi Jakarta. Wow banget ya gan kelakuan manusia ini emoticon-Gila.

   
Caranya gini gansis TS kasih tau, jadi caranya itu lahan gambut yang harus dibasahin sampai Kembali lembab (restorasi lahan gambut). Waduh pasti lama banget ya gan kalau harus nunggu lahan gambut yang seluas itu dibasahin lagi terus juga butuh air yang banyak. Mangkanya nih gan, dari pihak berwenang harus bekerja sama buat ngejaga lahan gambut biar nggak makin rusak dan bikin korban – korban kayak ibu Deti nggak makin banyak. Yaa gansis pasti taulah banyak oknum – oknum yang pengen buka lahan secara illegal dibuat jadi kebun.





    
Jadi gansis kalau kita nggak bisa bantu buat nyiramin tuh tanah gambut yang udah kebakar setidaknya kita nggak usah ngebuka lahan buat perkebunan secara illegal. Terus kita juga bisa nih ngebantu biar krisis iklim nggak makin parah kayak hemat energi, hemat konsumsi, naik kendaraan umum atau bisa bantu buat lapor ke pihak berwajib kalau ada kebakaran lahan gambut. Nggak kebayang kan gansis gimana jadinya kalau keluarga kita mengalami kejadian kayak bu Deti yang tiba – tiba terkena penyakit pernafasan gara – gara kebakaran di dalam tanah yang nggak kelihatan.

Menurut agan dan sista gimana nih biar lahan gambut nggak terus dibakar biar nggak kejadian kayak bu Deti lagi?emoticon-doctor



Semoga bermanfaat, jika ada kata – kata yang salah TS mohon maaf

THX gansis udah mampir.
Byeee

emoticon-Traveller

    
Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?


Tempat Terpencil di Bumi Yang Tidak Ada Kehidupan Bahkan Angin pun Tak Ada

Spoiler for SUMBER REFERENSI:




direktur.muda
ipanpun
azhuramasda
azhuramasda dan 9 lainnya memberi reputasi
10
975
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan