si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
IIMS 2024: Suzuki Perkenalkan Jimny 5-Doors, Tolong Jangan Digoreng Ya Kak!
Quote:


Hallo Gan kembali lagi di lapak spesial IIMS 2024, dan tak bosan-bosannya penulis mengingatkan jika event otomotif ini berlangsung sampai 25 Februari 2024 di JIEXPO Kemayoran. Banyak yang "bening-bening" tampil di event otomotif ini, jadi jangan dilewatkan ya emoticon-Big Grin

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Suzuki Jimny 5-doors, mobil yang sedang naik daun di gelaran IIMS 2024. Terutama setelah ada isu jika harga jualnya bakalan digoreng.Suzuki secara resmi merilis Jimny versi terbaru ini pada 15 Februari 2024, bertepatan dengan hari pertama IIMS. Mobil ini lebih panjang dari pendahulunya dan bisa memuat 4 orang.

Tidak banyak perubahan dari tampilannya, dari desain muka pun masih sama dengan sang kakak (Jimny 3-doors). Perbedaan mencolok ada di pintunya, versi terbaru sudah dibekali 5 pintu. Di mana versi terbaru panjang sasisnya bertambah panjang 34 cm, untuk whellbase juga bertambah 34 cm. Penambahan panjang ini memungkinkan penambahan dua pintu untuk akses keluar masuk penumpang serta penambahan kapasitas bagasi.

Perbedaan mencolok dari sang kakak adalah, pada varian 5-doors dilengkapi grill yang dibalut chrome dan perpaduan warna abu-abu. Ini cara mudah untuk membedakan antara 3-doors dan 5-doors. Selain itu, hampir semua sama Gan. Ada lampu utama dengan LED proyektor, fog lamp dan lampu sein yang masih pakai halogen, ini sama dengan varian 3-doors.

Lampu belakangnya berbentuk horizontal dan ditempatkan dibawah pintu. Tak lupa ada ban serep di pintu belakang serts over fender besar dengan velg ukuran 15 inci. Roda depan dilengkapi rem cakram, sementara roda belakang masih memakai tromol. Ukuran rodanya adalah 195/80 R15.

Quote:


Desain menarik lainnya dari Jimny 5-doors adalah posisi antena yang ditempatkan di pojok sebelah kanan, kalau Agan mau pasang roof rack jadi lebih mudah. Sementara itu pada bagian pintu depan, garis pada pintunya sedikit melengkung ke bawah. Ini mengingatkan kita akan desain pintu SUV zaman dulu atau pickup truck Ameruka. Tujuannya untuk menambah visibilitas ke spion, agar tidak terhalang bodi. Dua hal ini juga kita temukan pada kakaknya ya Gan.

Gak cuma tampang yang mirip, tapi mesinnya juga masih memakai jenis yang sama. Menurut informasi Suzuki Indonesia mesin yang dipakai berkode K15B berkapasitas 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 130 HP dan torsi 130 Nm. Tapi untuk versi 5-doors mesin ini sepertinya terasa kurang, karena versi terbaru lebih berat 100 kg. Meski selisihnya cuma 100 kg, perbedaan berat ini akan membuat 5-doors melaju tidak secepat kakaknya. Versi 5-doors tersedia dua pilihan transmisi, yakni 4-speed otomatis dan 5-speed manual.

Meski tidak secepat kakaknya, sang adik menawarkan hal menarik pada sisi penyimpanan. Di mana volume bagasinya meningkat menjadi 211 liter, pada varian 3-doors kapasitas bagasi hanya 85 liter. Jimny 5-doors, bangku penumpang bisa dilipat (meski tidak rata lantai), saat bangku dilipat kapasitas bagasi meningkat menjadi 332 liter. Di bagian bagasi belakang ini juga terdapat soket 12 volt dan lampu.

Quote:


Beralih ke kabin depan, desainnya lagi-lagi sama dengan 3-doors. Ada speedometer dan tachometer yang masih analog, dan di tengahnya ada layar MID berukuran kecil. Versi 5-doors memakai head unit berukuran 9 inci yang sama seperti Grand Vitara dan Baleno. Sudah bisa terkoneksi ke Apple dan Android, meski tidak dibekali kamera 360. Tapi varian 5-doors sudah dibekali kamera mundur dan sensor parkir.

Dan kabar baiknya masih banyak ditemui tombol fisik, salah satunya adalah tombol pengaturan AC-nya. Jimny 5-doors sudah memakai power widow, tapi tidak ditempatkan di door trime. Tombol power window pintu depan ada di konsol tengah, sementara power window pintu belakang di belakang tuas transmisi. Di kabin depan juga terdapat soket 12 volt serta colokan USB Type A. Untuk fitur safetysudah ada 6 air bag di varian terbaru meski belum dilengkapi ADAS (Advance Driver Assistance System).

Quote:


Untuk dimesni 5-doors memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm, ground clearance 210 mm dengan jarak sumbu roda 2.590 mm. Dikutip dari website resmi Suzuki Indonesia, berikut ini adalah harga Jimny 5-doors OTR Jakarta:

1. Jimny 5-door (AT) : Rp475.600.000,-

2. Jimny 5-door (AT – Dual Tone) : Rp478.600.000,-

3. Jimny 5-door (MT) : Rp462.000.000,-

4. Jimny 5-door (MT – Dual Tone) : Rp465.000.00

Quote:


Ada yang bilang harga Jimny 5-doors ini sudah digoreng Gan, dan benar saja seperti dalam video diatas. Ketika salah satu kru Autonetmagz bertanya ke sales Suzuki di IIMS, harga yang ditawarkan untuk versi transmisi otomatis adalah Rp 530 juta. Untuk unitnya sudah mulai datang pada April 2024. Sementara itu belum diketahui berapa harga jual asli untuk harga manual. Hal ini tentu saja berbeda dengan harga yang ditawarkan Suzuki, yang tidak sampai Rp 500 juta.

Padahal media-media otomotif sudah mencantumkan harga resmi yang dipublikasikan Suzuki, tapi fakta di lapangan harganya ternyata tidak sama. Kalau memang pihak dealer mau menjual diatas Rp 500 juta, sekalian saja Suzuki Indonesia cantumkan harga tersebut, agar tidak ada isu "digoreng" dan menimbulkan kekecewaan konsumen. Semoga pihak Suzuki Indonesia bisa segera mengkonfirmasi apakah benar harga Jimny 5-doors yang asli itu tembus Rp 500 juta ?

Sebagai tambahan informasi, versi 5-doors ini dibuat Suzuki India, dari pabrik Maruti lini produksinya. Sementara Jimny 3-doors masih diproduksi di Jepang. Mobil ini sebelumnya telah resmi diluncurkan di India, Afrika Selatan, Australia dan Filipina. Bagaimana menurut Agan tentang mobil ini ? Apakah benar-benar bakal digoreng ? Sialakan nanti berkomentar dibawah, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



-----------



Referensi Tulisan: Suzuki Indonesia
Sumber Foto: sudah tertera
indrastrid
agusn6778
haritosu
haritosu dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan