Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
PKB Buka Opsi Bangun Komunikasi dengan Kubu Prabowo Usai Pilpres


Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan poster saat deklarasi mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu(24/12/2023).

Penulis: Ira Guslina Sufa

19/2/2024, 08.33 WIB

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB di Dewan Perwakilan Rakyat Cucun Ahmad Sjamsurijal mengatakan partainya terbuka untuk komunikasi politik dari semua pihak usai Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan Cucun saat ditanya soal isu adanya komunikasi politik antara PKB dan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02 yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau misalkan upaya-upaya semacam untuk melakukan komunikasi politik itu para elit politik, ya sah-sah saja dilakukan," kata Cucun di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (18/2) seperti dikutip dari Antara. .



Direktur Pemilihan Legislatif Dewan Pimpinan Pusat PKB itu mengatakan pihaknya juga menghargai upaya komunikasi politik sebagai bagian dari semangat membangun bangsa. Meski begitu ia mengakui hingga kini belum ada komunikasi resmi antara PKB dengan kubu Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo. 

"Ya kita apresiasi itu sebagai suatu wujud bagaimana membangun negara ini seperti dilakukan oleh elit-elit politik," ujar Cucun lagi. 

Di sisi lain Cucun mengatakan hingga saat ini PKB belum menentukan sikap soal akan bergabung dengan koalisi pemerintah atau menjadi oposisi usai Pemilu 2024. Menurut Cucun partai masih mencermati dinamika yang berkembang. 

"Sampai sekarang DPP PKB belum berpikir bagaimana langkah-langkah terkait koalisi atau apapun," kata Cucun. 

Rapat Internal PKB Tentukan Sikap Koalisi

Lebih lanjut  Cucun mengatakan pembicaraan soal sikap partai akan terlebih dulu dibahas dalam rapat internal partai

Sebelumnya pada PKB merupakan bagian dari koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berdasarkan hasil hitung sementara KPU dan hasil hitung cepat atau quick count PKB saat ini berada di urutan keempat dengan raihan 10.93% suara. PKB berada di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (15,68%), Golkar (14.07%), dan Gerindra (12.24%). 

Sementara dua partai koalisi Anies - Muhaimin lainnya yaitu Partai Nasional Demokrat berada di urutan kelima dengan 8,7% suara dan  Partai Keadilan Sejahtera dengan 7,39% suara. 

Saat ini partai yang sudah menyatakan sikap siap berada di oposisi adalah PDIP. Sementara Nasdem dan PKS belum bersuara

Adapun Ketua Umum  Nasdem Surya Paloh pada Minggu (18/2) mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Meski tidak menyatakan sikap secara terbuka Jokowi ditengarai mendukung pasangan Prabowo - Gibran.


https://katadata.co.id/amp/berita/na.../65d2afe61c05d

Konten Sensitif

samsol...
ccbcdjrmyn215
ccbcdjrmyn215 dan samsol... memberi reputasi
2
957
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan