wismanganAvatar border
TS
wismangan
Heru Budi Bagi Sembako dengan Tas Warna Biru, Ketua DPRD: Enggak Ngerti Apa Tujuannya


TEMPO.CO, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengaku tak dilibatkan dalam pemilihan warna bungkus sembako murah yang dibagikan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, di Jakarta pada Rabu, 8 Februari 2024. Bungkus sembako murah berwarna biru muda itu dianggap identik dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Saya sih enggak tahu ya. Untuk urusan seperti itu kan urusannya mereka," ujar Prasetyo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, 8 Februari 2024. Menurut dia, pembagian sembako murah merupakan wewenang eksekutif.

Pemerintah daerah, menurut Prasetyo, membantu program bansos pemerintah pusat dengan membagikan sembako murah. Namun perihal warna, dia mengaku tak mengerti alasan pemilihan warna biru muda itu. "Saya enggak mengerti apa tujuannya," ujar dia.

Kendati begitu, dia mengatakan bantuan sosial atau bansos berasal dari uang rakyat untuk kepentingan rakyat. Dia mengatakan pemerintah tidak bisa mengklaim bantuan itu berasal dari mereka untuk masyarakat. "Itu uang rakyat juga," kata dia.

Dia mengimbau Heru Budi menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. Dia mengatakan mendukung imbauan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahwa ASN, TNI, dan Polri harus netral. "Jangan mengundang situasi politik di Jakarta memanas," kata dia.

Ketika ditanya perihal jadwal pembagian bansos yang mendekati waktu pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024, Prasetyo mengatakan harus memeriksa catatan terlebih dahulu. Kendati begitu, dia mengaku momentum pembagian sembako murah ini tidak tepat. "Kalau mau membantu ya pada saat memang perlu bantuan, bukan pada saatnya di tahun politik seperti ini," ujar dia.

Tak hanya itu, Prasetyo berujar dalam program sembako murah itu, Pemprov menurunkan harga dari Rp138 ribu menjadi Rp100 ribu. Menurut dia, Pemprov seharusnya mengajak bicara DPRD perihal pemberian subsidi sebesar Rp38 ribu itu. "Itu kan menggunakan APBD," ujar dia.

Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, Heru Budi tampak membagikan sembako yang dibungkus tas berwarna biru muda kepada warga. Tas itu bertuliskan slogan "Sukses Jakarta untuk Indonesia" berwarna merah dan hitam. Di samping tas biru itu, sejumlah karung beras ukuran 5 kilogram yang tak dibungkus tas serupa tampak menumpuk di atas.

Foto lain menunjukkan Heru Budi membagikan sembako itu di depan spanduk bertuliskan "Sukses Jakarta untuk. Indonesia, Sembako Murah Pemprov DKI Jakarta Tahun 2024". Tak lupa, wajah Heru Budi terpampang di dalam spanduk itu. Adapun spanduk itu berwarna biru tua.

Dalam keterangan tertulis Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik yang diterima Tempo, Heru Budi membagikan sembako murah aat mengunjungi Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, pada Rabu, 7 Februari 2024.

Adapun isi paket sembako tersebut meliputi beras 5 kilogram (kg), minyak 2 liter, gula pasir 1 kg dan tepung terigu satu kg.

Heru Budi Hartono usai meninjau pelaksanaan sembako murah itu mengatakan, sembako murah merupakan bagian dari kepedulian pemerintah daerah (pemda) dan pihak swasta yang dikoordinasikan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Forum CSR (Corporate Social Responsibility).

"Agenda ini tidak hanya digelar di Kecamatan Duren Sawit saja, namun di 44 titik di DKI Jakarta. Ada 44 ribu paket sembako murah yang disiapkan," kata Heru.

https://nasional.tempo.co/read/18311...-apa-tujuannya

Apapun warnanya yg penting isinya
toa.sakti666
GoldFish
jiresh
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3
697
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan