payungpromo2012Avatar border
TS
payungpromo2012
Anies Kritik Pembangunan Tol Trans Jawa: Panturanya Mati


Jakarta - 

Calon presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menyoroti pembangunan infrastruktur yang tidak dibarengi dengan solusi bagi masyarakat. Salah satunya pembangunan tol Trans Jawa yang berdampak pada pedagang di Jalur Pantura.

Anies menyampaikan hal itu dalam acara Sarasehan DPD RI. Mulanya Panelis bertanya terkait investasi yang bisa saja tak memberi hasil setimpal di daerah.

"Kalau boleh kita berefleksi ya Pak, kita ini banyak memikirkan rencana yang sifatnya sebagai sebuah strategi itu entrance strategi, jarang sekali kita memikirkan yang namanya exit strategi. Sehingga kita memikirkan bagaimana investasi itu terjadi, bagaimana pembangunan terjadi, tapi jarang sekali kita memikirkan bagaimana nanti ujungnya, exitnya, seperti apa," kata Anies dalam pemaparannya, Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Baca juga: Cak Imin: 98 Perubahan Pertama, 14 Februari Jilid Kedua Selamat Reformasi

Anies menuturkan pembangunan tol Trans Jawa melupakan dampak bagi Jalur Pantura. Dia menyebut pembangunan tol tersebt membuat Pantura 'mati'.

"Contoh yang paling sederhana Pak, itu dirasakan di Pulau Jawa Pak, namanya Pantura. Pantura itu negara membuat strategi baru namanya membangun jalan bebas hambatan dari barat sampai ke timur. Bagus, bagus, nggak ada pertanyaan soal itu. Itu dibutuhkan supaya sistem logistik kita bisa berjalan dengan efisien," tutur Anies.

"Tapi kita melupakan prinsip strategi bagi kawasan Pantura. Ini exitnya bagaimana mereka, yang kita kerjakan dilupakan begitu saja. Pokonya bangun jalan tol, Pantura-nya mati, ya mohon maaf ada perubahan," sambungnya.

Anies menyebut negara tak boleh mematikan usaha warganya. Untuk itu jika AMIN (Anies-Muhaimin) menang, katanya, hal semacam itu akan dicarikan solusinya.

"Jadi ini yang belum pernah kita kerjakan, ini yang kalau sampai kita mendapat kewenagan Pak, kami akan memikirkan secara serius exit strateginya supaya mereka tidak mati. Berangkat dari mana ini, berangkat dari observasi kami menyaksikan Pantura," kata eks Gubenur DKI Jakarta ini.

Baca juga: Kecewa ke Anies, Majelis Taklim Safari Dakwah Sumbar Kini Dukung Prabowo

"Pantura, datang Bapak, Pantura, sedih melihatnya, rumah-rumah makan sudah penuh dengan taman rambat karena nggak keurus mati. Jangan sampai kita menuju sesuatu yang baik, tapi meninggalkan residu masalah yang struktural, ini problem struktural," pungkasnya.


sumur

Ente denger ye antum semua, pokoke NATURALISASI aja, ga usah ngoyo-ngoyo bangun ini itu, biarkan apa adanya aja,

Pantura juga, kalo jalan rusak, jangan dibenerin, biar jalan pada pelan jadi bisa liat-liat kios-kios pinggir jalan terus mampir, makan kek, beli oleh-oleh kek, awas antum komentar, ntar ane slepet.

emoticon-Marah
toa.sakti666
simsol...
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
923
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan