Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Krisis Laut Merah Makan Korban Lagi: Rusia


Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis Laut Merah di mana kelompok Houthi Yaman mengancam sejumlah kapal yang melintasi wilayah tersebut terus makan korban. Terbaru, Rusia turut terdampak oleh konflik tersebut.
Sebuah kapal tanker produk minyak bumi Marlin Luanda yang dioperasikan di bawah Trafigura, dihantam oleh rudal Houthi di Teluk Aden setelah transit di Laut Merah pada Jumat (26/1/2024). Marlin Luanda sedang melakukan perjalanan dari Yunani ke Singapura. Kapal tersebut terbakar setelah serangan tersebut.
"Peralatan pemadam kebakaran dikerahkan untuk menekan dan mengendalikan kebakaran yang terjadi di salah satu tangki kargo di sisi kanan kapal. Kami tetap berhubungan dengan kapal tersebut dan memantau situasi dengan hati-hati. Kapal-kapal militer di wilayah tersebut sedang menuju ke lokasi" memberikan bantuan," kata Trafigura di situsnya.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan bahwa kapal tersebut membawa nafta asal Rusia - produk minyak ringan yang terutama digunakan untuk membuat plastik dan petrokimia. Kapal tanker tersebut mengumpulkan kargo melalui apa yang disebut transfer antar kapal di dekat Teluk Lakonikos di selatan Yunani.
Kelompok Houthi mengeklaim bahwa mereka melakukan serangan terhadap kapal tersebut. Kelompok yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman itu telah menyerang kapal-kapal yang melintasi jalur air penting antara Laut Merah dan Terusan Suez sejak meningkatnya konflik Israel-Palestina.
Di tengah serangan tersebut, banyak perusahaan pelayaran telah menghentikan perjalanan di wilayah Laut Merah.

Bulan lalu, koalisi pimpinan AS mengerahkan satuan tugas angkatan laut ke wilayah tersebut untuk menjaga pelayaran, dan mulai menyerang sasaran Houthi di Yaman. Selain itu, AS dan Inggris menjatuhkan sanksi terhadap kelompok tersebut. Houthi, pada gilirannya, mulai menyerang kapal-kapal yang terkait dengan kelompok tersebut. dengan negara-negara ini.
Dalam sebuah wawancara dengan outlet berita Rusia Izvestia awal bulan ini, Houthi berjanji bahwa kelompok itu tidak akan menyerang kapal-kapal yang terkait dengan Rusia.

"Sedangkan bagi negara-negara lain, termasuk Rusia dan China, pelayaran mereka di kawasan ini tidak terancam. Apalagi kami siap menjamin keselamatan lalu lintas kapal mereka di Laut Merah, karena navigasi bebas di kawasan itu penting untuk negara kita," tegasnya.

Moskow belum mengomentari serangan terbaru tersebut. Moskow telah berulang kali meminta Houthi untuk menghentikan serangan terhadap kapal-kapal yang melintasi jalur air tersebut tetapi juga mengutuk serangan AS dan Inggris terhadap sasaran di Yaman, dengan mengatakan bahwa hal ini hanya akan meningkatkan permusuhan di wilayah tersebut.


sumber
antiketek
kubelti3
kubelti3 dan antiketek memberi reputasi
2
770
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan