bestiekuAvatar border
TS
bestieku
Anies dan Ganjar Bayar Komisi untuk Ilustrator, Gibran PD Pakai AI Banjir Hujatan



Kontestasi Pilpres 2024 menjadi makin seru ketika paslon capres-cawapres saling beradu kreativitas kampanye. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo saat ini menggunakan gambar ilustrasi untuk mempromosikan diri.

Capres nomor urut 01 dan 03 sering mengandalkan jasa illustrator dan mau membayar mereka yang membuatkan desain. Bahkan Ganjar Pranowo sempat menghubungi seorang warganet yang iseng menggambar tokoh para capres.

Selain itu, Anies Baswedan juga memiliki tim media yang kini lebih banyak mengandalkan ilustrasi dan lebih disukai anak muda. Warganet ramai memuji sikap Anies dan Ganjar yang mau menghargai karya illustrator ini.

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendapatkan kritikan pedas sejak awal gegara desain baliho mereka. Keduanya menggunakan AI untuk membuat baliho kampanye tersebut.

Paslon 02 ini mendapat kritikan pedas dari berbagai warganet, dan berharap mereka mau menggunakan jasa illustrator untuk mendesain kampanye mereka. Tapi meski sudah mendapat kritikan, Gibran nampaknya belum kapok.

Kamis, 25 Januari 2024 kemarin, Gibran memperbarui foto profil di X.com. Gibran keukeuh masih menggunakan desain dari AI dengan pose mencarinya saat berhadapan dengan Mahfud MD.

"Cari pinjeman seratus #NewProfilePic," ujar Gibran Rakabuming.


Gibran masih pakai desain dari AI. /X.com @gibran_tweet

Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Sontak saja sejumlah warganet langsung geram, dan jengkel dengan sikap Gibran. Tak sedikit yang menawari jasa komisi agar paslon 02 ini mau berubah.

"Minta reknya, bang. Tak usah dikembalikan. Lalu tolong dipakai buat membayar pekerja kreatif manusia untuk membuat gambarnya. Sama-sama," kata @neohistoria***.

"Ga lucu mas, minimal pake gambar yg commis ke artist dong jangan pake AI. Katanya dana kampanye paling gede," ucap @Ana***.

"Imagine masyarakat udah gembor2in scara massive nolak AI dipake sm 02 (ga mungkin mereka ga dnger, krn 01 & 03 aja respon issue ini), tetep ga didengerin coy.. pasangan yg ga butuh input, meremehkan suara pekerja kreatif, congkak merasa elektabilitas tinggi… ndableg, kaya ngejek," kata @alvinxki.

Publik mulai hilang respect ke Gibran
Masyarakat makin geram dengan sikap Gibran sejak debat keempat yang digelar Minggu, 21 Januari 2024 kemarin. Bahkan tak sedikit yang menyatakan hilang respect kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disebabkan karena Gibran dinilai tidak sopan kepada dua lawan debatnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Tapi publik lebih geram saat Gibran bertanya kepada Mahfud MD.

Bukan hanya melontarkan sindiran, Gibran juga menampakkan gesture sindiran. Mahfud MD yang tak mau dipermalukan, langsung membalas sindiran dan gimmick Gibran dengan pedasnya.*

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...jatan?page=all

Hilirisasi digital salah satunya mendukung designer dalam negeri
Diubah oleh bestieku 28-01-2024 13:16
pecakmujahir
qavir
caveling
caveling dan 6 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan