pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Hadiri Haul KH Ma'shum di Lasem, Ma'ruf Bicara RI Dikenal Negara Toleran


Kabupaten Rembang -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta istri Wury Ma'ruf Amin menghadiri haul ke-52 KH Ma'shum Ahmad dan peringatan harlah ke-101 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Kauman Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Ma'ruf Amin merasa berkunjung ke Ponpes Kauman Lasem seperti ke China.

Acara berlangsung di Ponpes Kauman, Lasem, Kabupaten Rembang, Sabtu (27/1/2028). Ma'ruf kagum dengan toleransi di Lasem yang, menurutnya, serasa berkunjung ke China.

"Waktu masuk ke pondok ini, kayak saya berkunjung ke negeri Tiongkok, hanya bangunan-bangunan yang tipenya sepertinya di Tiongkok, Tiongkok lama ya, Tiongkok baru malah sudah gedung-gedung pencakar langit," kata Ma'ruf dalam sambutannya, Sabtu (27/1).

Ma'ruf menyebut di Lasem terjadi pembauran budaya antara santri dan masyarakat Tionghoa. Dia bicara keindahan toleransi di Lasem dan Indonesia.

"Ternyata memang di sini tempat di mana terjadi akulturasi, perbauran antara masyarakat santri dan masyarakat Tionghoa. Jadi daerah ini menggambarkan sebagai daerah yang toleran sejak abad ke-16, ke-17," jelasnya.

Ma'ruf mengatakan Lasem bisa dijadikan sebagai contoh untuk keberagaman. Dia kemudian menyinggung soal Indonesia merupakan negara paling toleran di dunia.

"Jadi sebenarnya ini contoh dan ini barangkali yang menginspirasi sehingga Indonesia itu sekarang dikenal sebagai negeri yang paling toleran di dunia," jelasnya.

Dalam kunjungan ini, Ma'ruf juga menyaksikan penandatanganan MoU tentang Program Tri Dharma Pendidikan antara STAI Al-Hidayat dengan STAI Shalahuddin Al-Ayyubi. Selanjutnya penyerahan sertifikat tahfiz kepada para santriwati.

Penyerahan sertifikat ini diberikan oleh Ma'ruf Amin kepada 12 santriwati penghafal Al-Qur'an. Sang istri, Wury Ma'ruf Amin, turut mendampingi Wapres menyerahkan sertifikat ini.

detik.com
brucebanner23
pasti2periode
denbags
denbags dan 4 lainnya memberi reputasi
5
333
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan