banteng.mudaAvatar border
TS
banteng.muda
Bos PPI: Prabowo-Gibran Sedang Gempur Kandang-kandang Banteng
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, hari ini berkampanye akbar di Subang, Jawa Barat, dan Bali. Prabowo-Gibran dinilai tengah mencoba menggempur basis PDIP di dua wilayah tersebut.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Prabowo-Gibran sedang jelas-jelas merebut suara di kandang 'banteng'. Dia menyebut hanya waktu yang bisa menjawab apakah gempuran Prabowo-Gibran berpengaruh di basis PDIP tersebut.

"Jelas itu strategi untuk menggempur kandang banteng. Tinggal adu kuat apa bisa Prabowo-Gibran bisa mengalahkan dominasi basis merah di sana. Tentu waktu dan kerja politik lah yang akan menjawab segalanya," kata Adi saat dihubungi, Sabtu (27/1/2024).


Baca juga:
Maruarar Sirait di Subang: Kita Buat Sejarah Prabowo Menang di Basis PDIP!

Adi menilai wajar Prabowo-Gibran menggempur basis PDIP. Menurutnya, keduanya tidak ada pilihan lain untuk menggenjot elektabilitasnya.

"Tak ada pilihan lain bagi Prabowo-Gibran untuk terus menggenjot elektabilitas selain menggempur basis-basis rival. Karena dua rivalnya AMIN dan Ganjar-Mahfud juga melakukan hal serupa menggempur basis Prabowo-Gibran di berbagai tempat," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi menilai sejauh ini belum pernah ada kader PDIP yang mencoba merebut suara di basis PDIP. Dia pun menilai Gibran, sebagai kader PDIP, belum terlalu kuat untuk bisa meraih suara di basis PDIP.

"Selama ini belum ada. Ini baru pertama kalinya kader PDIP, Gibran, berusaha merebut suara di kandang banteng. Harus diakui Gibran relatif pendatang baru dan tak terlampau mengakar di basis PDIP. Beda dengan Jokowi yang memang dapat simpati di pemilih PDIP. Karena itu, untuk merebut basis merah satu-satunya cara memang harus melibatkan Jokowi secara langsung," jelasnya.

Lantas mampukah Prabowo-Gibran merebut suara di basis PDIP? Adi Prayitno mengaku pesimistis. Dia beralasan loyalitas kader-kader PDIP di kandang banteng relatif tinggi.

"Ada kecenderungan mengeras basis-basis PDIP itu. Karena memang loyalitas kadernya teruji. Oleh karena itu, ketika ada Gibran yang notabenenya anak Jokowi, tentu akan jadi batu uji bagi kader-kader PDIP di bawah apakah iman politik kian mantab tak tergoyahkan atau perlahan masuk angin? Tentu kerja politik dan waktu yang bisa menjawab," tuturnya.

https://news.detik.com/pemilu/d-7163...andang-banteng
Diubah oleh banteng.muda 27-01-2024 09:34
pilotproject715
kakekane.cell
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
490
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan