joko.winAvatar border
TS
joko.win
Mahfud Sebut tak Bakal Tanya Receh-Receh, Gibran: Prof Agak Ngambek Ya ...






REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD, mempertanyakan kebijakan impor besar-besaran Presiden Joko Widodo selama dua periode memerintah kepada cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Ahad (21/1/2024).

Mahfud mengungkit debat capres 2019 lalu di mana saat itu capres Prabowo Subianto, mempertanyakan kebijakan impor Jokowi yang sangat besar.

Mahfud mengungkit debat capres 2019 lalu di mana saat itu capres Prabowo Subianto, mempertanyakan kebijakan impor beras Jokowi yang sangat besar.

Baca Juga :

Cak Imin Kepada Gibran: Kalau Tebak-tebakan, Bukan di Acara Debat Tempatnya...

“Mas Gibran, saya hormati anda sebagai cawapres jadi tak akan menjebak anda dengan istilah receh-receh. Sodara, pada 17 februari 2019 dalam sebuah debat capres, itu pak Prabowo mengatakan bahwa pak Jokowi itu mengatakan tak akan impor komoditas pangan. Tapi 4 tahun pak Jokowi masih impor banyak merugikan petani. Tapi sampai sekarang impor banyak. Malah semakin banyak mafianya impor bahan pangan ini,” kata Mahfud.

Gibran pun mengatakan Mahfud ngambek ketika ditanya pakai istilah dan pertanyaan sulit. “Sepertinya Prof Mahfud agak ngambek ya, saya sudah dua kali berikan pertanyaan sulit, carbon capture selalu dianggap receh. Kalau receh, dijawab, Pak. Segampang itu,” ujar Gibran.

Gibran lalu menjelaskan periode 2019-2022 Indonesia sudah swasembada beras. Tapi tahun 2023 ada El Nino yang terjadi di sebagian belahan dunia. Sehingga pemerintah kembali harus mengimpor.

Mahfud menganggap jawaban Gibran melenceng. Ia kembali menegaskan pertanyaannya adalah kebijakan impor Jokowi dalam skala besar tidak hanya pada beras.

Pertanyaan saya bukan itu. Dulu Pak Prabowo nanya kenapa Pak Jokowi impor beras. Faktanya, per hari ini impor kedelai 2 juta ton, susu 287 ton gula pasir 4,7 juta ton, beras 2,8 juta ton, daging sapi, 167 juta ton. Ini hasilnya seberapa dari hasil debat 17 Jui 2019 itu. Semakin banyak angkanya. Kemudian, secara lebih mendasar, posisi Anda sebagai wapres bagaimana melihat hal ini?” tanya Mahfud.

Gibran pun tidak menjawab secara spesifik pertanyaan Mahfud. Ia hanya berterima kasih Mahfud telah memberikan evaluasi.

“Maaf jika ada kata yang salah, jangan memberikan narasi menakutkan kepada warga, intinya adalah program yang sudah berjalan, paslon 1 dan 3 ini kan kompak food estate gagal. Tapi ada yang berhasil seperti panen jagung yang di Kalteng, sebagai pemimpin jangan pesimis walaupun situasi global kurang bagus, harus optimis,” ujar Gibran.

Untuk diketahui debat keempat Pilpres 2024 yang mempertemukan para cawapres akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Ahad (21/1/2024) pukul 19.00 WIB. Adapun tema debat besok mengangkat tema Energi, Sumber Daya Alam (SDA), Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat. Moderator debat keempat ini adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Silvia Iskandar dari Metro TV.

https://pemilukita.republika.co.id/b...gak-ngambek-ya



Konten Sensitif
Diubah oleh joko.win 22-01-2024 07:01
Reikouki
itkgid
the.commandos
the.commandos dan 2 lainnya memberi reputasi
3
593
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan