westernwayAvatar border
TS
westernway
Serangan Ad Hominem Gibran: Disoraki Pendukung Lawan
JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming melontarkan sejumlah jawaban ad hominem dalam sesi pertama tanya jawab terbuka antarcalon, pada debat kedua cawapres, Minggu (21/1/2024). 

Dalam situasi perdebatan, ad hominem adalah upaya menyerang lawan debat dengan mengabaikan substansi pendapat dari pihak lawan debat tersebut. Serangan yang dilakukan justru mengarah pada karakter pribadi dari lawan debat itu sendiri. Yang diserang bukan argumennya, melainkan orang yang mengemukakan argumen tersebut. 

Tujuan dari ad hominem adalah untuk membuat kesan yang dapat dibenarkan oleh para audiens yang hadir pada perdebatan tersebut.

Gibran menyebut bahwa Muhaimin membawa botol plastik sedangkan seluruh calon lain yang hadir dalam debat membawa botol minum sendiri. 

Pada momen ini, capres pendamping Muhaimin, Anies Baswedan celingukan seakan mencari di mana botol plastik yang dimaksud Gibran. 

Kedua, Gibran menyebut Muhaimin mendapatkan contekan dari Tom Lembong, Co Captain Timnas Amin yang juga mantan Menteri Investasi Joko Widodo. 

Gibran menyebut Muhaimin demikian karena menilai Ketua Umum PKB itu justru tak paham pertanyaan sendiri, karena menganggap apa yang ditanyakan Muhaimin kepadanya sudah ia jawab, namun Muhaimin bilang Gibran tak menjawab pertanyaannya. Ketiga, Gibran berlagak mencari jawaban cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, yang dianggap tak menjawab pertanyaannya.

Ketiga, Gibran berlagak mencari jawaban cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, yang dianggap tak menjawab pertanyaannya.





Ia pun disoraki puluhan pendukung Mahfud di depan panggung. Ini merupakan sorakan kedua yang dilontarkan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo itu dengan sangat nyaring.



 Sebelumnya, Gibran juga disoraki gara-gara menggunakan istilah "greenflation", dianggap ingin menjebak lawan debatnya sebagaimana ia lakukan pada debat cawapres sebelumnya. 



Para pendukung Mahfud kemudian melontarkan kata-kata "hayo loh!" setelah Mahfud mendesak balik Gibran. Mahfud pun menilai jawaban Gibran tak jelas dan menganggap jawaban itu tak layak ditanggapi. Capres pendamping Mahfud, Ganjar Pranowo, tertawa-tawa kecil di belakangnya.







Sebagai informasi, debat keempat atau debat kedua cawapres dihelat pada Minggu (21/1/2024) di Jakarta Convention Center (JCC). Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD beradu gagasan soal 6 subtema debat, yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Serangan Ad Hominem Gibran: Disoraki Pendukung Lawan, Anies Celingukan, Ganjar Tertawa Kecil", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/01/21/21394051/serangan-ad-hominem-gibran-disoraki-pendukung-lawan-anies-celingukan-ganjar.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6


https://nasional.kompas.com/read/202...ingukan-ganjar
0
549
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan