ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
Ini Sosok Tom Lembong yang Banyak Disebut Gibran Saat Sindir Cak Imin
Jakarta - Nama Thomas Lembong atau yang akrab disebut Tom Lembong banyak disebut-sebut oleh Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres Minggu malam kemarin. Nama Tom Lembong disebut Gibran saat menyindir Cawapres kompetitornya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Gibran menilai Cak Imin tidak paham soal lithium ferrophosphate (LFP). Padahal istilah LFP sering diungkap oleh Tom Lembong selaku Co-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Ini agak aneh ya yang sering ngomong LFP itu timsesnya, tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa. Kan aneh," ujar Gibran dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

"Saya nggak tahu pak Tom Lembong dan timsesnya sering nggak diskusi sama cawapresnya. Masak cawapresnya nggak paham, aneh lho," lanjutnya.

Lalu siapa sih Tom Lembong sebenarnya? Begini sosoknya.

Thomas Trikasih Lembong atau akrab disapa Tom Lembong merupakan salah satu tokoh ekonomi kawakan di tanah air. Tom kini merupakan pentolan tim ekonomi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Cak Imin.

Tom pun sebenarnya pernah berada di dalam lingkup pemerintah. Dia menduduki jabatan bergengsi di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tepatnya, dia pernah menjabat Menteri Perdagangan (Mendag) dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahkan, di masa pemerintahan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, Tom Lembong sempat menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA).

Berdasarkan catatan detikcom, jejak karier Tom diketahui terbentang panjang di berbagai perusahaan finansial. Dia pernah menjabat CEO dan Managing Partner di perusahaan asuransi Quvat Capital.

Tom Lembang juga sempat bekerja di Deutsche Bank, Morgan Stanley, Farindo Investments, dan sempat 2 tahun bekerja sebagai Kepala Divisi dan Senior VP di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Tom merupakan salah satu sosok yang bertanggung jawab mengelola aset para obligator BLBI di BPPN. Alumnus Universitas Harvard ini pun sempat menjadi sorotan ketika restrukturisasi aset Sinar Mas pada 2001.

Selain itu, ia pernah dinobatkan sebagai Young Global Leader (YGL) di World Economic Forum (Davos) pada 2008. Tom kini menjabat sebagai Co-Captain di Timnas AMIN.

https://finance.detik.com/berita-eko...indir-cak-imin

Lbh mending ini sih kata gue drpd Rizal Ramli dan Faisal Basri, beruntung timnas AMIN punya timses doi. Cuma sayang, cawapresnya malah ga bisa ngikuti ritme doi emoticon-Leh Uga

Jd curiga, jangan2 Imin bener jarang diajak diskusi oleh Tom Lembong??

Diubah oleh Reikouki 22-01-2024 00:34
pilotproject715
scorpiolama
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
880
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan