ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
Narasi Pilpres Satu Putaran Menguat, Prabowo-Gibran Paling Berpeluang?
Potensi terjadinya pilpres satu putaran diukur oleh Katadata Insight Center, Mulya Amri, melalui hasil survei yang dilakukan pihaknya baru-baru ini.

Sebab, dari hasil surveinya, Mulya membaca potensi satu putaran terjadi apabila pemilih PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, beralih pilihan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Hasilnya, dinyatakan bahwa pendukung Ganjar dapat memilih Prabowo dalam Pilpres 2024. Dan ternyata di situ jawabannya 58 persen iya. Jadi masih ada kemungkinan dari pihaknya Prabowo-Gibran untuk terus menarik simpati dari pemilih PDIP," ujar Mulya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/12).

Mulya mengungkapkan, dalam surveinya juga disebutkan sejumlah pendukung Presiden Joko Widodo yang memungkinkan untuk memilih paslon nomor urut 2 pada Pilpres 2024.

"Kemudian kita tanya lagi, bagaimana orang-orang yang pemilih Jokowi apakah menurut anda akan mengalihkan dukungannya atau memastikan dukungannya ke Prabowo-Gibran. Dan jawabannya 63% bilang iya," kata Mulya.

"Jadi Prabowo-Gibran punya banyak ruang, bahkan saya bilang untuk mengambil kantong-kantong tadi. Jadi ada kemungkinannya untuk naik ke atas, ada. Sama seperti paslon-paslon lain ada kemungkinan naik ke atas, tapi kalau kita lihat secara statistik paling memungkinan ya paslon Prabowo-Gibran," sambung Mulya.

Jurubicara Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hasan Nasbi merespons diwacanakannya pilpres satu putaran oleh dua pasangan capres-cawapres lainnya.

Dia mengamati, baik Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud sama-sama menyuarakan Pilpres 2024 satu putaran, baik ketika momen kampanye atau bahkan ketika di pengambilan nomor urut pasangan capres-cawapres.

"Di antara semua kandidat secara bersamaan punya ide yang sama, mau satu putaran dan mereka yang menang. Tidak apa, itu wajar. Kita juga ingin satu putaran," ujar Hasan dikonfirmasi terpisah.

Hasan mengklaim, pihaknya tidak mempersoalkan apabila narasi satu putaran disampaikan oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, ataupun pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Namun, Hasan mengkhawatirkan apabila Prabowo-Gibran atau tim kampanyenya yang menarasikan Pilpres 2024 satu putaran.

"Kita tidak masalah mereka (wacanakan) satu putaran. Yang (jadi) masalah kalau kita narasikan satu putaran, dibilangnya curang lah," demikian Hasan menduga.

Sumber : https://rmol.id/politik/read/2023/12...ing-berpeluang

Komen TS : Masih sangat2 terbuka pilpres 1 putaran apalagi melihat hasil berbagai lembaga survei, proyeksi PRAGIB udah menang 1 putaran emoticon-Leh Uga

Sepertinya jadwal putaran ke 2 KPU hanya upaya menghibur para chaldrun, toh cuma jadwal yg udah disiapkan jauh2 hari terlepas dari dinamika politik yang ada. TS meyakini 70% pemilu masih bisa 1 putaran emoticon-Cool



"Kemudian kita tanya lagi, bagaimana orang-orang yang pemilih Jokowi apakah menurut anda akan mengalihkan dukungannya atau memastikan dukungannya ke Prabowo-Gibran. Dan jawabannya 63% bilang iya," kata Mulya.

Pendukung Jokowi sekitar 54%, kalau 63% itu sekitar 34% suara mantan pendukung pakde pilih Prabowo. Lalu anggap mantan pendukung bowo yg pindah ke Abud itu 21%an sesuai suara Abud disurvei2, artinya sekitar 24% masih di Prabowo. 34% + 24% = 58%, alias 1 putaran emoticon-Cool
Diubah oleh Reikouki 17-01-2024 10:58
marsuki
GoldFish
maniacok99
maniacok99 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
239
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan