Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Menakar Potensi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Bersatu di Pilpres 2024

Judul asli kepanjangan: Menakar Potensi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Bersatu di Pilpres 2024, Ini Analisa Pengamat

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) sekaligus pengamat politik, Dedi Kurnia Syah menyoroti potensi bakal berlangsungnya Pilpres 2024 dalam dua putaran.

Dilansir TribunWow.com, menurut Dedi, ada potensi kubu yang kalah pada putaran pertama akan bergabung ke satu di antara pasangan calon untuk dapat meraih kemenangan.

Mengalahkan pasangan capres dan cawapres yang dinilai memiliki kekuatan besar pada putaran pertama.

Terkait hal itu, Dedi menyatakan kubu Ganjar Pranowo bakal berpotensi bergabung ke Anies Baswedan masih sangat memungkinkan untuk terjadi.

Terlebih, hubungan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto serta Jokowi saat ini tengah dalam keadaan emosional yang mendalam.

"Jokowi dipastikan tidak mudah mendapat kembali sokongan PDIP, bahkan untuk keluarganya sekalipun,"
kata Dedi saat dihubungi, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan, jika putaran kedua benar adanya terjadi dan berlangsung, maka Anies dan Ganjar akan bersatu dan peluang memenangkan Pilpres 2024 terbuka lebar.

Hal itu tak terlepas dari potensi bakal adanya dukungan parpol kubu Ganjar dan Anies yang berpotensi kuat untuk bisa memenangkan Pilpres 2024.

"Dan jika pilpres dua putaran terjadi, ini memang akan berat bagi Prabowo, peluang kekalahan membesar," jelas Dedi.

Sebelumnya, pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengamati adanya potensi penjajakan antara kubu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Bahkan, tak menutup kemungkinan Anies atau Ganjar akan saling memberikan dukungan jika Pilpres 2024 melaju sampai dengan putaran kedua.

Terlebih hal itu bisa dijadikan sebagai strategi ke depannya.

Selain itu, adanya faktor kekerabatan antara Anies dan Ganjar yang sudah saling mengenal dekat sejak masa kuliah bisa jadi pemantik adanya koalisi tersebut jika Pilpres 2024 dua putaran.

Mengingat, baik Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sama-sama berasal dari universitas yang sama yakni Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

"Itu masuk akal itu menjadi bagian dari strategi. Kemudian, nanti mereka ini, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies-Muhaimin (bergabung, red) menjadi satu poros," kata Emrus saat dikonfirmasi, beberapa waktu lalu.

Emrus juga turut mengulas soal adanya kesamaan pandangan antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan saat menyampaikan pidatonya selepas makan siang bersama

Emrus pun mengulas soal kesamaan pandangan antara Ganjar dan Anies yang disampaikan saat mereka ikut makan siang bersama Presiden Jokowi di Istana Negara.

Anies menyampaikan statement soal aspirasi masyarakat soal netralitas Presiden Jokowi di Pilpres 2024.

Sedangkan Ganjar Pranowo membeberkan soal perbincangan hangatnya dengan Presiden Jokowi untuk menciptakan pemilu yang damai, jujur, dan adil.

https://wow.tribunnews.com/2023/11/1...alisa-pengamat

Sebelumnya gue pernah beropini kayak gini:

Quote:


Setelah itu gue buka obrolan dengan beberapa teman. Dari obrolan dengan teman tersebut berkesimpulan seperti ini:

Jika terjadi 2 putaran, yang muncul yaitu pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Kemudian ada pertanyaan, suara Anies-Muhaimin lari kemana?

Secara teori bakal lari ke Prabowo-Gibran. Setahuku Anies itu pernah dibesarkan prabowo, dan Anies ada sejarah bergandengan dengan Jokowi ketika Anies ikut dalam tim Pemenangan Jokowi-JK.

Kemudian PKB yang dipimpin Cak Imin tidak ada kesejarahan jadi oposisi, tentu saja Cak Imin akan kembali ke pangkuan Prabowo yang memiliki kemungkinan kemenangan lebih tinggi.

Mungkin dunia persilatan akan menjadi random jika di final yang bertemu Prabowo-Gibran dengan Anies-Muhaimin. Namun tentu saja kemungkinannya kecil karena Ganjar-Mahfud didukung oleh partai pemenang pemilu.

Gitu bre, ini cuma opini bre...

Konten Sensitif




Quote:
Diubah oleh LordFaries4.0 19-11-2023 15:18
areszzjay
muhamad.hanif.2
tritomchan
tritomchan dan 6 lainnya memberi reputasi
5
636
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan