amekachiAvatar border
TS
amekachi
Keliru! Grace Natalie Datangi Meja Moderator Debat Capres, Ketua KPU: Harus Lewat LO












Keliru! Grace Natalie Datangi Meja Moderator Debat Capres, Ketua KPU: Harusnya Lewat Liaison Officer

Menjadi moderator memang biasanya pekerjaan yang spesial ya gansist, misalnya dalam menengahi acara debat maka kadang wilayah pengaturannya hanya pada lingkup peserta debat atau memuluskan jalannya perdebatan tersebut.

Yang ini pun terlihat kala debat pilpres 2024 untuk yang ketiga tadi malam saat Grace Natalie memprotes pendukung capres lain yang melakukan ekspresi dukungan, yang itu memang dilarang untuk ditunjukkan saat menghadiri acara debat bagi peraturan para penduduk masing-masing kubu.


Quote:





Tema debat ketiga Pilpres 2024 kali ini adalah seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri. Tiga calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, beradu gagasan dalam debat tersebut. Namun, aksi yang dilakukan oleh Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka terjadi pada jeda iklan dalam debat.

Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka seharusnya memahami bahwa dalam debat capres, terdapat batasan waktu yang harus dihormati oleh semua peserta. Mereka sebaiknya menggunakan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya untuk memaparkan visi dan misi partai mereka kepada masyarakat. Tindakan mereka yang mendekati moderator dapat dianggap mengganggu kelancaran jalannya debat dan tidak menghormati aturan yang telah ditetapkan.

Kritikan yang diberikan oleh KPU terhadap tindakan Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka merupakan peringatan bagi semua peserta debat capres agar menjaga etika dan tata krama yang berlaku. Debat capres merupakan ajang untuk saling memaparkan gagasan dan visi masing-masing calon kepada masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi semua peserta debat untuk menghormati aturan dan memanfaatkan waktu yang ada secara efektif demi menciptakan debat yang berkualitas.



Spoiler for :

Langkah seharusnya menurut ketua KPU Hasyim Asy'ari, yang tepat harusnya bagi Grace adalah mengingatkan melalui LO (liaison officer) karena ungkap Hasyim saat wawancara dengan wartawan seusai acara debat, jika ada para pendukung yang mengekspresikan dukungannya dalam ruang debat maka yang melakukan penertiban adalah penghubung dari tim capres kepada penyelenggara. Bukan oleh Grace, dan itupun telah disepakati bersama dan yang mana LO ini memang tugasnya mengendalikan pendukung di ruang debat tersebut.

liaison officer ini kalau dalam dunia kerja semacam penegah hubungan antara perusahaan satu dengan yang lainnya ya gansist seperti naradamping, untuk bagian mengkoordinasikan maupun menyelesaikan adanya konflik diantara mereka.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
yayangpalupi
bocilura
bocilurra
bocilurra dan 8 lainnya memberi reputasi
9
316
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan