harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Anies Baswedan Juara di Debat Ketiga Menurut Netizen, Serius?

Sumber Gambar

Anies Baswedan disebut juara debat ketiga oleh netizen. Dalam debat yang digelar pada Minggu (7/1), Anies Baswedan berhasil menarik perhatian netizen dengan penampilannya yang piawai dan narasi yang baik. Hal ini tercermin dari jumlah eksposure dan engagement perbincangan netizen tentang Anies Baswedan selama debat ketiga.

Menurut data dari Drone Emprit, Anies Baswedan menjadi calon presiden yang paling banyak dibahas di media sosial dengan mencapai 193.000-an mention. Sedangkan, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendapatkan 147.000-an mention, dan Prabowo Subianto mengumpulkan 118.000-an mention. Dengan begitu, Anies Baswedan berhasil menduduki posisi pertama sebagai calon presiden yang paling banyak dibahas oleh netizen.

Riset Indonesia Indicator (i2) juga menyatakan bahwa Anies Baswedan menjadi pemenang debat ketiga. Dalam penelitian ini, Anies Baswedan dikatakan piawai dalam memilih narasi sepanjang debat. Ia berhasil memainkan emosi dengan berbagai pertanyaan atau pernyataan yang dianggap memojokkan bahkan sejak awal visi misi. Salah satu gagasannya tentang peningkatan kemampuan teknologi pertahanan siber juga dinilai menarik.


Sumber Gambar

Netizen sendiri memberikan apresiasi kepada Anies Baswedan atas penampilannya dalam debat tersebut. Mereka menganggap bahwa Anies memahami psikologi kandidat lainnya dan karakter pemirsa. Selain itu, perseteruan antara Anies dan Prabowo menjadi sorotan utama dan bahan meme/lelucon netizen. Ganjar Pranowo juga diberi julukan sebagai "wasit" atau penengah oleh netizen.

Sejak debat pertama, Anies Baswedan telah mencuri perhatian publik dengan gaya retorikanya yang tajam. Namun, dalam debat ketiga ini, banyak yang menganggap bahwa Anies terlalu sering menyerang calon presiden lain secara pribadi. Kritik ini disampaikan oleh beberapa warganet, salah satunya adalah Andi Jerni.

Andi Jerni, melalui unggahan video yang viral di media sosial, menyampaikan kekecewaannya terhadap apa yang dilakukan oleh Anies Baswedan dalam debat capres kedua yang diselenggarakan pada tanggal 7 Desember lalu. Andi Jerni menilai bahwa Anies terlalu banyak bicara dan kurang menyampaikan gagasan dan programnya secara jelas.


Sumber Gambar

Tak hanya itu, kritik juga dilayangkan terhadap penampilan Anies Baswedan dalam debat tersebut. Banyak yang berpendapat bahwa Anies terlalu agresif dalam menyerang calon presiden lain, terutama Prabowo Subianto. Kritik tersebut menyoroti bahwa seharusnya Anies lebih fokus untuk menyampaikan gagasan dan visinya sebagai seorang calon presiden.

Namun, meskipun mendapat kritik, juru bicara Timnas Amin, Billy David, menyebutkan bahwa Anies Baswedan sudah siap tampil prima dalam debat ketiga tersebut. Dalam persiapan debat, Anies telah mempersiapkan kondisi fisik dan mentalnya dengan baik. Billy juga meyakini bahwa Anies memiliki pemahaman yang mendalam mengenai tema debat kali ini.

Dengan berbagai tanggapan dan kritik yang diterima, Anies Baswedan diharapkan dapat mengambil hikmah dan memperbaiki penampilannya dalam debat-debat selanjutnya. Sebagai seorang calon presiden, penampilan dan cara menyampaikan gagasan yang jelas dan terarah sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.


Sumber Gambar

Pada akhirnya, publiklah yang akan menentukan siapa yang pantas untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Melalui debat-debat ini, diharapkan calon presiden dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengemukakan gagasan dan solusi untuk membangun bangsa yang lebih baik.

Debat ketiga ini mengusung tema seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri. Anies Baswedan dan Prabowo Subianto terlibat dalam berbagai adu argumen yang sengit. Namun, berkat penampilannya yang baik, Anies Baswedan berhasil meraih gelar juara debat ketiga versi netizen.

Dengan kesuksesan ini, Anies Baswedan semakin menunjukkan potensinya sebagai calon presiden yang serius dalam menjawab berbagai isu strategis yang menjadi perhatian masyarakat. Meskipun hasil debat ini belum mencerminkan secara keseluruhan pandangan seluruh masyarakat, namun apresiasi dari netizen dapat menjadi tolak ukur bahwa Anies Baswedan berhasil membuat kesan yang kuat dalam debat tersebut.

Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
gabener.edan
screamo37
bukan.bomat
bukan.bomat dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.9K
328
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan