Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Wajah Prabowo Disebut Tak Gerak Sebelah, Apa Sebabnya?
Wajah Prabowo Disebut Tak Gerak Sebelah, Apa Sebabnya?

Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024 yang berlangsung pada Minggu (7/1/2024) menyisakan banyak momen yang lantas jadi perbincangan warganet. Salah satunya, wajah Prabowo Subianto yang disebut-sebut tidak gerak sebelah.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh akun X @mawakresna. Ia mengunggah cuplikan video calon presiden nomor urut 2 itu saat berbicara dengan menambahkan keterangan, “Muka sebelah kanan Prabowo kayak gak ikut gerak. Semoga sehat ya pak.”

Hingga tulisan ini dibuat, cuitan tersebut sudah dilihat sebanyak 1 juta kali. Banyak warganet yang setuju dengan pernyataan itu, seperti halnya akun @atinahasbo yang menulis, “To be honest, sempet notice gini juga, tapi aku tepis lagi, sehat sehat pak prabowo.”

Tidak sedikit pula yang menerka-nerka penyebab tidak bergeraknya sebelah wajah Prabowo. “Dengan bibir miring begini dan sekarang berjalan pun sedikit pincang, kemungkinan sudah pernah kena serangan stroke hanya tidak diumumkan,” cuit seorang warganet.

Lantas, sebenarnya apa penyebab mati rasa pada salah satu sisi wajah? Melansir Hello Sehat, berikut ulasannya:

Bell’s Palsy
Bell’s palsy adalah penyebab paling umum dari mati rasa pada sebelah wajah. Penyakit ini terjadi ketika saraf wajah mengalami peradangan, pembengkakan, atau tertekan, sehingga membuat otot sebelah wajah menjadi turun dan tidak bisa digerakkan.

Stroke
Mati rasa pada salah satu sisi wajah juga bisa menjadi salah satu indikasi stroke. Ini merupakan dampak dari terhentinya aliran darah menuju otak, yang notabene sel-selnya membutuhkan darah kaya oksigen.

Kekurangan pasokan darah selama beberapa menit saja sudah bisa mengakibatkan kematian pada sel-sel otak dan saraf di sekitarnya. Karena itulah, stroke tidak hanya menyebabkan mati rasa pada sebelah wajah, tapi juga tangan, kaki, hingga keseluruhan sisi tubuh.

BACA JUGA: “Nazar Pemilu” Trending di X, Apa Maknanya?

Tumor
Mati rasa pada sebelah wajah juga dapat disebabkan oleh tumor pada kepala atau leher. Jika tumor terletak sangat dekat dengan saraf wajah, pengangkatan tumor berpotensi menyebabkan kelumpuhan sementara atau permanen pada salah satu sisi wajah.

Benturan pada Tengkorak atau Wajah
Saraf wajah melingkupi seluruh bagian wajah hingga sisi kanan dan kiri tengkorak. Benturan keras pada area itu bisa menimbulkan tekanan pada saraf wajah dan menyebabkan kerusakan berupa salah satu sisi wajah menjadi mati rasa.

Bawaan Lahir
Kelumpuhan wajah sejak lahir biasanya disebabkan karena saraf dan/atau otot wajah janin tidak berkembang dengan sempurna di dalam rahim. Wajah bayi juga bisa lumpuh sebelah jika saraf wajah mengalami trauma dan kerusakan saat proses persalinan.

Itulah sejumlah kemuningkan yang menyebabkan salah satu sisi wajah tidak bergerak, seperti yang disebut-sebut dialami oleh Prabowo. Bila Anda mengalami gejala serupa, segera periksa ke dokter.

https://www.marketeers.com/wajah-pra...-apa-sebabnya/

Semoga sehat selalu rakyat menanti anda
bobulil
bobulil memberi reputasi
1
724
45
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan